5 Hikmah Membaca Surah Al Kahfi di Malam Jum'at yang Perlu Kita Ketahui

- 2 Maret 2023, 21:58 WIB
Keutaman membaca surat Al Kahfi di malam Jumat yang memiliki banyak hikmah. 
Keutaman membaca surat Al Kahfi di malam Jumat yang memiliki banyak hikmah.  /Pixabay/


PRIANGANTIMURNEWS - Malam Jumat merupakan malam penuh berkah. khususnya untuk menambah amalan yang baik. Malam dan hari Jumat seperti kita ketahui merupakan penghulu dari seluruh hari dalam seminggu.

Pada malam atau hari Jumat banyak amalan yang bisa umat Muslim lakukan salah satunya adalah membaca Surah Al Kahfi. Surah Al Kahfi merupakan surah yang banyak memiliki keutamaan dan manfaat jika dibaca dengan benar oleh kaum muslim.

Surah ini yang dianjurkan oleh Rosulullah SAW. untuk dibaca umat Muslim pada hari Jumat dan Kamis malam (malam Jumat). Sebenarnya membaca Surah Al Kahfi tidak harus hari atau malam Jumat saja, namun dianjurkan pada hari itu.

Baca Juga: Diam Dimana Jin Qarin dalam Tubuh Manusia? Yuks Simak Penjelasanya

Berikut 5 Hikmah membaca Surah Al Kahfi pada malam atau hari Jumat yang dilansir Priangantimurnews.com dari kanal YouTube Cahaya Islam.

Berikut ini 5 hikmah dari membaca surat Al Kahfi:
1. Melindungi kita dari dajjal dan segala fitnahnya. hal tersebut diperkuat dengan hadist berikut:

"Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jumat, maka Dajjal tidak bisa memuharatkannya." (HR.Dailami)

2. Mendapat cahaya penerang dari Allah SWT. Satu diantara banyak manfaat membaca Surah Al Kahfi dengan rutin di hari atau malam Jumat adalah agar Allah selalu melindungi hidup kita dengan cahaya keberkahan dan petunjuk dalam kehidupan.

Baca Juga: Kumpulan Nasihat Memasuki Malam Jum'at yang Penuh Berkah

Hal ini juga diperkuat oleh keterangan dalam sebuah hadist. " Siapa yang membaca Surah Al Kahfi maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya. Dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi." (HR. Ahmad)

3. Mendapat ampunan dari Allah SWT. Salah satu waktu yang paling baik saat memohon ampunan kepada Allah SWT. adalah hari atau malam Jumat.

Hal ini diperkuat juga dalam satu riwayat." Rosulullah bersabda, siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada hari atau malam Jumat maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat dan diampuni dosanya antara dua Jumat.

4. Terhindar dari gangguan setan. Salah satu cara melindungi diri dari godaan setan dan segala keburukannya. Menurut anjuran Rosulullah SAW adalah dengan membaca Surah Al Kahfi di hari atau di malam Jum'at.

Baca Juga: Inilah 4 Jenis dan Harga Harley Davidson yang Identik dengan Gaya Hidup Glamour!

5. Akan dilindungi dari Jumat ke Jumat berikutnya.

Itulah 5 hikmah membaca Surah Al Kahfi pada hari dan malam Jum'at. Semoga kita bisa membiasakan diri untuk membaca Surah tersebut agar keberkahan selalu menyertai kita.***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: Youtube Cahaya Islam


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x