TAGANA Merupakan Mata, Telinga dan Mulut Kementerian Sosial RI

- 30 Maret 2021, 20:44 WIB
TAGANA tengah melakukan latihan evakuasi korban.
TAGANA tengah melakukan latihan evakuasi korban. /Humas Kemensos RI/

PRIANGANTIMURNEWS- Kementerian Sosial RI mengapresiasi peran strategis dari potensi sumber kesejahteraan sosial yang berkipah nyata di tengah masyarakat, salah satunya dari Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Tagana ke-17 Bhakti Sosial dan Jambore Nasional di Plasza Pantai Timur Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu, 31 Maret 2021 dengan tema, “Sinergi bersama multi pihak, sukseskan Tagana menjaga alam” yang akan dihadiri oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Sejak dibentuk pada 2004, Tagana terus mengalami perkembangan dan senantiasa menjadi garda terdepan dalam memberikan kontribusi dan layanan bagi masyarakat yang terdampak bencana alam.

Baca Juga: Minimalisir Dampak Megathrust, TAGANA Menanam 2,7 Juta Manggrove di Indonesia

Hasil verifikasi Tagana aktif pada 2020, saat ini terdapat 26.026 personel yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam setiap tahu menggela kegiatan regular, yaitu Peringatan HUT Tagana yang diperingati setiap 24 Maret.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas peran serta Tagana yang selama ini telah ditunjukan dalam berbagai penyelenggaraan penanggulangan bencana yang berbasis komunitas.

Baca Juga: Inilah 5 Pemain yang Menjadi Target Transfer Barcelona pada Musim Panas Tahun Ini

Kegiatan HUT Taganan, juga diisi dengan penyerahkan bantuan berupa truk serbaguna kepada Kabupaten Pangandaran, penyerahan hadiah pemenang Jambore, simulasi bencana oleh TMS, serta deklarasi nelayan siaga bencana.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Humas Kemensos


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x