Peringati Hari Puisi Nasional, Kemensetneg Ceritakan Chairil Anwar ‘Penyair Indonesia’

- 28 April 2021, 17:30 WIB
Chairil Anwar.
Chairil Anwar. /Kemendikbud/

PRIANGANTIMURNEWS– Kementerian Sekretariat Negara menceritakan sosok Chairil Anwar sebagai penyair yang sangat berpengaruh dalam kesustraan Indonesia untuk memperingati hari puisi nasional.

Hari puisi nasional jatuh pada 28 April 2021, tepatnya di hari Rabu pada tahun ini. Puisi adalah karya sastra yang terdiri dari beberapa bait dan menyimpan makna yang mendalam.

Setiap orang bisa membuat puisi meskipun tidak memiliki keahlian dalam dunia kepenulisan, apalagi saat dirinya merasakan kegalauan seperti diputuskan oleh sang pacar.

Di Indonesia sendiri, sosok yang paling berpengaruh dalam merintis jalan dan membentuk aliran baru kesustraan Indonesia adalah Chairil Anwar.

Baca Juga: Diperingati Malam 17 Ramadhan, 28 April 2021, Ini Enam Keutamaan Nuzulul Quran

Dilansir priangantimurnews dari Instagram Kemensetneg RI menceritakan sosok Chairil Anwar dalam karya-karya kepenulisannya.

Chairil Anwar telah mengahsilkan 94 tulisan yang meliputi 70 sajak asli, 4 saduran, 10 sajak terjemahan, 6 prosa asli, serta 4 prosa terjemahan (HB. Jassin).

Dalam karya sastra, terdapat berbagai jenis puisi salah satunya adalah puisi romansa. Puisi romansa adalah salah satu jenis puisi yang paling dikenal selain Balada, Eleg, Epigram, Himne, Ode, dan Satire.

Sedangkan, jenis-jenis puisi lama yang dikenal dengan puisi tradisional antara lain Mantra, Pantun, Syair, Karmina, Gurindam, Talibun, dan Seloka.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Kemendikbud


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah