Diperingati Malam 17 Ramadhan, 28 April 2021, Ini Enam Keutamaan Nuzulul Quran

- 28 April 2021, 17:22 WIB
Al Qur'an.
Al Qur'an. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS– Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al-Quran untuk pertama kalinya ke dunia melalui perantara malaikat Jibril.

Peringatan malam Nuzulul Quran diperingati pada malam 17 Ramadhan, tepatnya hari Rabu, 28 April 2021. Firman Allah Swt dalam surat Al-isra ayat 9 menyatakan bahwa :

“Sungguh, Al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang paling lurus dan memberikan kabar gembira kepada orang beriman yang mngerjakan kebijakan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar,” (Al-Isra : 9)

Al-Quran merupakan kitab suci umat Islam, sumber hukum Islam yang utama, serta dijadikan pedoman dalam kehidupan seluruh umat muslim di dunia.

Baca Juga: Nuzulul Quran, 3 Perisitiwa Penting pada bulan suci Ramadhan, Keistimewaan malam Seribu Bulan

Al-Quran sendiri diturunkan secara berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari kurang lebih 23 tahun lamanya. Namun, pada malam 17 ramadhanlah Al-Quran pertama kali diturunkan, dan peristiwa ini dikenal sebagai Nuzulul Quran.

Dilansir priangantimurnews dari beberapa sumber, terdapat lima keutamaan yang terjadi pada malam Nuzulul Quran, yaitu:

Pertama, Diampuni dosa seseorang yang menghidupkan malam Nuzulul Quran.

Dalam hadits Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya: “Barang siapa yang melaksanakan salat pada malam Nuzulul Quran karena iman dan mengharap pahala dari Allah Swt, maka dosa-dosanya yang telah lalu adakan diampuni,” (H.R Bukhari).

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x