Program Kartu Prakerja Dinilai Efektif Tingkatkan Keterampilan Para Pekerja

- 26 Agustus 2021, 11:56 WIB
Potret seseorang yang telah tergabung dalam prakerja dan berhasil meningkatkan keterampilan
Potret seseorang yang telah tergabung dalam prakerja dan berhasil meningkatkan keterampilan / Instagram @prakerja.go.id /

PRIANGANTIMURNEWS – Program kartu prakerja adalah salah satu program yang saat ini sedang dilakukan oleh pemerintah untuk memberikan keterampilan dasar sebelum bekerja.

Program kartu prakerja telah dilakukan sejak awal tahun 2020 sebelum pandemi Covid-19 menyerang Indonesia, dan saat ini telah banyak alumni prakerja yang menikmati hasil dari porgram prakerja tersebut.

Menurut lembaga survei CSIS per bulan Juli-Agustus 2021 menunjukkan 96,8% penerima Kartu Prakerja puas dengan kinerja dan pelayanan Manajemen Pelaksanaan Program Kartu Prakerja.

Baca Juga: Kemenparekraf Siap Pulihkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan SDM Unggul dan Kolaborasi

Seperti dilansir priangantimurnews.com dari Instagram @prakerja.go.id, survei CSIS juga mengungkapkan bahwa program kartu prakerja efektif tingkatkan keterampilan para pekerja.

Hal ini dibuktikan dengan hasil survei yang menunjukkan 95,1% merasa pengetahuannya meningkat dan 93,4% merasa keterampilan mereka bertambah setelah mengikuti pelatihan dalam program kartu prakerja.

Selain itu, manfaat yang didapatkan bagi para pekerja dalam program kartu prakerja ini adalah dana insentif pasca pelatihan apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

Baca Juga: Bagaimana Tahapan untuk Mencairkan Insentif Prakerja Gelombang 18? Simak Info Lengkapnya

Sebanyak 31,1% penerima kartu prakerja mengatakan bahwa program ini membantu memenuhi kebutuhan dasar mereka melalui dana insentif.

Sedangkan, sebanyak 17,3% menyebutkan bahwa program ini membantu para pekerja memulai usaha, baik dari pelatihan maupun dana insentif yang diterima.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @prakerja.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah