Benarkah Krisis Energi, Investor Asing China Bakal kabur ke Indonesia?

- 6 Oktober 2021, 22:47 WIB
Ilustrasi investor China.
Ilustrasi investor China. /Instagram @bisnis.muda.id/

PRIANGANTIMURNEWS- Krisis energi yang terjadi di China dalam beberapa pekan terakhir diperkirakan bakal membawa dampak baik untuk Indonesia, nih.

● Kok bisa? Gimana tuh awalnya?

Bloomberg melaporkan beberapa pabrik di 21 provinsi China telah terdampak oleh pasokan listrik yang ketat dalam beberapa pekan terakhir, sehingga mereka memutuskan untuk memangkas produksi

Terbatasnya pasokan listrik di China ini terjadi ketika permintaan energi negara itu melonjak melewati tingkat pra-pandemi. Namun, pembatasan impor batu bara dari Australia akibat pertikaian politik, juga menekan pasokan komoditas itu.

Baca Juga: ANDA Ingin Tahu, Raja Properti Paling Tajir di Indonesia

Kondisi ini dikarenakan China menghadapi kurangnya pasokan batu bara untuk menghasilkan listrik. Selain itu, otoritas regional di sana juga berada di bawah tekanan guna mematuhi seruan pemerintah pusat dalam mengurangi emisi karbon

● Lalu, apa dampaknya bagi Indonesia?

Terkait dengan krisis listrik ini, partner di Consulting Firm Asia Perspective, Johan Annell, mengatakan, krisis listrik China akan mendorong para pebisnis atau investor asing di sana untuk mempertimbangkan investasinya ke negara lain.

"Beberapa perusahaan mulai bimbang tentang investasi di China. Mereka memilih untuk tidak melanjutkan sekarang," kata Annell, dikutip CNBC International, Selasa 5 Oktober 2021.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @bisnis.muda.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah