HATI-HATI di DAERAH INI, Enam Jam ke Depan Gunung Semeru Masih Menyemburkan Abu Vulkanik

- 4 Desember 2021, 22:58 WIB
Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur Erupsi keluarkan asap abu besar.
Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur Erupsi keluarkan asap abu besar. /Instagram @infojawabarat/

PRIANGANTIMURNEWS - Masyarakat dalam waktu enam jam ke depan, diharapkan waspada dan berhati-hati. Karena Gunung Semeru diprediksi masih akan menyemburkan abu vulkanik.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan abu vulkanik yang dikeluarkan letusan Gunung Semeru cenderung mengarah ke barat hingga barat daya selama enam jam ke depan.

Berdasarkan laporan dari Stasiun Meteorologi Juanda Surabaya yang dikutip di Jakarta, Sabtu 4 Desember 2021, prakiraan tersebut disimpulkan dari pergerakan arah dan kecepatan angin dari permukaan (5.000 kaki), pada ketinggian 10 ribu kaki, 14 ribu kaki, 18 ribu kaki dan 24 ribu kaki.

Baca Juga: KABAR TERBARU GUNUNG SEMERU, 41 Luka Bakar, 1 Meninggal dan 8 Orang Hilang

Baca Juga: TERBONGKAR, Ini yang Terjadi Sebelum Tuti Suhartini dan Amelia Mustika Ratu Dihabis Pelaku


Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gunung Semeru mengalami peningkatan aktivitas vulkanik dengan meluncurkan guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Catatan yang dihimpun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran berada kurang lebih 500 meter di bawah kawah.***

 

Editor: Muh Romli

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x