Pemerintah Dorong Seluruh Rumah Sakit Indonesia Siapkan Kontigensi Masuknya Omicron

- 24 Desember 2021, 21:06 WIB
Ilustrasi - Virus Covid-19 varian Omicron
Ilustrasi - Virus Covid-19 varian Omicron /ANTARA/Pavlo Gonchar

PRIANGANTIMURNEWS - Varus varian omicron dikabarkan telah masuk ke Indonesia. Bahkan sudah ada beberapa orang yang terpapar virus omicron tersebut.

Mengantisipasi masuknya varian omicorn itu, pemerintah meminta kepada semua rumah sakit di Indonesia menyiapkan kontigensi.

Dilansir priangantimurnews.com dari setkab.go.id, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid 19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah mendorong rumah sakit di seluruh Indoensia untuk melakukan penyiapan langkah kontigensi.

Baca Juga: KOI Pastikan Sanksi WADA Segera Berakhir, Indonesia Bisa Kibarkan Bendera Merah Putih

“Pemerintah mendorong rumah sakit di seluruh Indonesia untuk melakukan penyiapan langkah Kontingensi. Yaitu melakukan konversi tempat tidur untuk layanan COVID-19 jika kapasitas keterisiannya sudah melebihi 60 persen kapasitas,” ujar Wiku Adisasmito, dalam keterangan persnya, Kamis, 23 Desember 2021 secara virtual.

Wiku mengungkapkan, berdasarkan data per tanggal 19 Desember 2021 tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) di rumah sakit rujukan COVID-19 secara nasional sebesar 2,73 persen, baik tempat tidur untuk isolasi maupun intensive care unit (ICU).

Bahkan, angka keterisian per provinsinya tidak lebih dari 30 persen. Sehingga dapat disimpulkan, kondisi pelayanan di rumah sakit masih terkendali dan tidak terjadi peningkatan perawatan akibat lonjakan kasus,” ujarnya.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Gedung Kantor Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia

Terkait kasus Omicron yang ditemukan di Indonesia, Wiku menyampaikan bahwa sampai saat ini terdeteksi delapan kasus positif.

Temuan ini hasil skrining di pintu kedatangan yang kemudian segera diisolasi dan ditangani oleh tenaga kesehatan profesional.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah