Kota Cerdas Mendorong Pemulihan Sektor Pariwisata, Sempat Terpuruk Akibat Covid 19

- 24 Desember 2021, 12:51 WIB
  Kominfo   Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyampaikan bahwa Kominfo melalui kolaborasi dengan berbagai elemen akan mendorong pembangunan berbasis smart city di Indonesia.
Kominfo Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyampaikan bahwa Kominfo melalui kolaborasi dengan berbagai elemen akan mendorong pembangunan berbasis smart city di Indonesia. /kominfo/

PRIANGANTIMURNEWS - Dukungan program kota cerdas dan infrastruktur digital sangat diperlukan mengingat sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19.

Pengembangan kota cerdas (smart city) di Indonesia tidak hanya berhenti pada kota-kota utama di provinsi tanah air.

Mulai 2021, program ini diperluas hingga menjangkau Destinasi Pariwisata Superprioritas (DPSP).

Baca Juga: Apakah Jasad yang Tidak Dikubur Tetap Dapatkan Siksa Kubur? Ini Penjelasan Buya Yahya

Dukungan program kota cerdas dan infrastruktur digital amat diperlukan mengingat sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19.

Pada 2020 saja, jumlah tamu wisatawan mancanegara merosot sebanyak 75 persen.

Sebanyak 12,91 juta pekerja mengalami penurunan jam kerja, dan 939 ribu pekerja kehilangan pekerjaan di sektor pariwisata. Pukulan luar biasa bagi sektor pariwisata nasional.

Baca Juga: Fitur Baru WhatsApp: Admin Group Diperbolehkan Hapus Pesan Anggota dan Bisa Kendalikan Ini...

Oleh karena itu, pemerintah fokus untuk mempercepat pemulihan sektor itu. Dengan harapan, sektor pariwisata sebagai motor penggerak perekonomian nasional.

Dilansir priangantimurnews.com dari indoenesi.go.id, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, pendekatan integrasi kota cerdas ke dalam industri pariwisata akan menjadi mekanisme untuk menumbuhkan resiliensi di tengah disrupsi akibat pandemi Covid-19.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x