Data Kementerian Dibobol Hacker China, Sukamta: Kominfo Jangan Seperti Macan Ompong

- 13 September 2021, 21:20 WIB
Ilustrasi hacker. Kabar dibobolnya situs kementrian dan lembaga ini, diduga dilakukan hacker asal China dengan nama Mustang Panda.
Ilustrasi hacker. Kabar dibobolnya situs kementrian dan lembaga ini, diduga dilakukan hacker asal China dengan nama Mustang Panda. /Pexels/ pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS- Anggota Komisi I DPR RI Sukamta mendesak pemerintah serius melindungi situs dan data-data strategis.

Pernyataan itu disampaikan Sukamta menanggapi kabar dibobolnya data Kementerian dan lembaga di Indonesia oleh hacker dari China yang mengaku Mustang Panda.

Menurut Kamta, bobolnya data kementrian dan lembaga ini harus menjadi perhatian serius oleh pemerintah khususnya BSSN dan Kominfo untuk menjaga dan melindungi dunia siber kita.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Perhatikan Efek Samping AstraZeneca Pasca Penyuntikan Dosis 1 dan 2

"Sejak lama saya sudah khawatir, ketika data-data dunia bisnis dan kesehatan bocor, bukan berarti bidang politik tidak ada kebocoran. Ini hanya soal waktu saja, kapan akan terungkap kebocoran datanya," ujar Sukamta, Senin 13 September 2021.

Doktor lulusan Inggris ini meyakini bahwa serangan hacker di bidang politik lebih kuat daripada ekonomi, kesehatan dan sosial.

Menurutnya harus dilakukan evaluasi, kemudian pembenahan tata kelola data dan dunia siber di Indonesia secara menyeluruh.

Pengamanan situs dan data di Indonesia harus diseriusi oleh pemerintah.

Baca Juga: Dua sejoli Ditemukan Tewas di Kamar Warung Remang-remang

Kasus pembobolan jutaan data telah berulang kali namun pemerintah dalam hal ini Kominfo sebagai kementerian leading sector yang bertanggung jawab terhadap data dan informasi seperti macan ompong.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x