Akhir Juli 2022 Akan Terjadi Hujan Meteor Melintas di Langit Indonesia, Apakah Berbahaya? Simak Penjelasannya

- 28 Juli 2022, 16:06 WIB
Ilustrasi hujan meteor.
Ilustrasi hujan meteor. /Freepik/

PRIANGANTIMURNEWS- Akhir Juli 2022 akan terjadi hujan meteor melintas di langit Indonesia, apakah berbahaya? Simak penjelasannya. 

Peneliti Utama bidang Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin menjelaskan, pada akhir Juli mendatang akan terjadi fenomena hujan meteor Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids. 

Alpha-Capricornids dan Delta-Aquariids akan terjadi di langit selatan serta dapat diamati dari Indonesia. 

Baca Juga: FAKTA BARU: Kronologis Kopda Muslimin Membunuh Istrinya, Ternyata Bukan Karena Wanita Idaman Lain

Hujan meteor merupakan fenomena astronomi tahunan yang terjadi ketika sejumlah meteor tampak meluncur silih berganti dari titik tertentu di langit. 

“Hujan meteor Alpha-Capricornids ini bisa diamati pada 30 hingga 31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur, namun waktu terbaik adalah setelah lewat tengah malam di arah langit selatan. 

Diperkirakan ada sekitar 5 meteor per jam yang tampak melintas di langit. Hujan meteor ini berasal dari gugusan debu komet 169P/NEAT yang berpapasan dengan bumi,” kata Thomas Djamaluddin, dikutip priangantimurnews dari brin.go.id kamis 28 Juli 2022.

Baca Juga: 15 Twibbon Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1444 H, Mari Saling Mendoakan!

Meskipun jumlah meteornya sedikit tetapi pemandangan ekor meteor yang terang seperti bintang jatuh yang dapat dilihat kasat mata.

Halaman:

Editor: Galih R

Sumber: brin.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah