BMKG Sebut Beberapa Wilayah Indonesia akan Diterjang Hujan Lebat, Meski Tengah Kemarau

- 24 Juni 2023, 07:42 WIB
 BMKG melaporkan bahwa Fenomena El Nino menguat 80 persen pada Juni 2023, namun beberapa wilayah Indonesia dilaporkan akan diterjang hujan lebat pada Sabtu, 24 Juni 2023./Antara
BMKG melaporkan bahwa Fenomena El Nino menguat 80 persen pada Juni 2023, namun beberapa wilayah Indonesia dilaporkan akan diterjang hujan lebat pada Sabtu, 24 Juni 2023./Antara /

PRIANGANTIMURNEWS - BMKG menyampaikan bahwa beberapa wilayah Indonesia berpotensi diterjang hujan lebat, meski tengah mengalami musim kemarau pada umumnya.

Perkiraan hujan lebat tersebut dapat mencapai kecepatan lebih dari 50 milimeter (mm) yang akan terjadi pada Sabtu, 24 juni 2023.

Disampaikan melalui website resmi BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), dimana wilayah Indonesia yang paling berpotensi dilanda hujan adalah pulau Sumatera.

Baca Juga: Gempa Bumi Dangkal Melanda Pacitan dengan Skala 6,0 Magnitudo, BMKG Imbau Gempa Susulan

Diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, serta Lampung.

Namun, beberapa wilayah lain juga memiliki potensi yang sama seperti Banten dan Jawa Barat untuk wilayah Pulau Jawa.

Sementara untuk Pulau Kalimantan meliputi Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Untuk Pulau Sulawesi meliputi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Barat.

Sementara wilayah Papua diantaranya yang termasuk adalah Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Provinsi Papua itu sendiri.

Supri, Koordinator Bidang Analisis Variabilitas Iklim BMKG menjelaskan bahwa Fenomena El Nino akan menguat menjadi 80 persen pada Juni tahun 2023.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x