Mengapa Inggris Tetap Mendapat Hadiah Penalti Meski Harry Kane dalam Posisi Offside Sebelum Dilanggar?

- 9 Juni 2022, 14:17 WIB
 Harry Kane yang tetap mendapat hadiah penalti meski offside/ Instagram @harrykane
 Harry Kane yang tetap mendapat hadiah penalti meski offside/ Instagram @harrykane /

PRIANGANTIMURNEWS - Saat pertandingan Nations League antara Jerman vs Inggris terjadi kontroversi yang mengundang perdebatan pecinta sepak bola.

Inggris yang sempat tertinggal mendapat hadiah penalti setelah Harry Kane dijatuhkan Nico Schlotterbeck di dalam area penalti.

Namun jika kita melihat kembali rekaman, sebenarnya Harry Kane dalam posisi offside ketika bola diumpan kepada dirinya. Lalu mengapa wasit tetap mengesahkan penalti tersebut?

Baca Juga: Siapakah Guru Spiritual Presiden Soekarno, Inilah Sosoknya

Seorang Editor ESPN, Dale Johnson menjelaskan hal ini di akun twitternya. Ia menerangkan bahwa Harry Kane sebenarnya memang dalam posisi offside.

Namun ketika bola dianggap "dimainkan dengan sengaja" oleh pemain bertahan Jerman, maka hukum offside tersebut otomatis gugur. Itulah sebabnya wasit tetap memberikan hadiah penalti kepada Inggris.

Jadi yang menjadi catatan disini sob, dianggap "sengaja memainkan bola" jika ada jarak antara bola dengan pemain bertahan, yang memungkinkan pemain tersebut punya pilihan lain.

Baca Juga: Lirik Lagu Zoom Jessie Zoom in Zoom Out

Dale Johnson juga menyinggung kasus yang terjadi saat final Liga Champions antara Liverpool dan Real Madrid, dimana gol Benzema dianulir oleh wasit karena dianggap offside. Padahal juga terjadi kontak antara Fabinho dan bola saat Valverde menendangnya.

Sekali lagi yang membedakan disini adalah masalah jarak antara bola dan pemain bertahan.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @olahbolacom


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x