Resensi Buku, Berbagi Ilmu di Negeri Kanguru, Peserta Program Capacity Builing: Bertukar Asa di Lembah Koala

- 19 April 2022, 09:55 WIB
Potret buku 'Berbagi Ilmu di Negeri Kanguru'.
Potret buku 'Berbagi Ilmu di Negeri Kanguru'. /

PRIANGANTIMURNEWS- Resensi buku adalah tulisan yang mengulas tentang sebuah karya, entah buku, drama, hingga film.

Jika karya yang diulas adalah sebuah buku, maka resensi itu adalah resensi buku. Pada dasarnya, resensi adalah penilaian kita terhadap suatu karya. Begitu pula dengan resensi buku.

Buku ini diresensi oleh Novi Sopiyanida salah satu Guru SMPN 1 Singaparna. Mari kita simak resensi buku dengan judul Berbagi Ilmu di Negeri Kanguru.

Identitas Buku
Judul        : Berbagi Ilmu di Negeri Kanguru
Penulis      : Atang Ismail
Penerbit       : Cahaya
Tahun Terbit : 2021
Tebal Buku    : vi dan 120 halaman

Siapa yang tidak tertarik ketika disuguhi kesempatan untuk berkunjung ke Negara Australia? Baik di dunia pendidikan untuk mengikuti program dari pemerintah ataupun kepentingan individu sekadar refreshing. Tentu saja ini menjadi kesempatan emas bagi yang ingin mengikutinya.

Di dunia pendidikan, perkembangan zaman dan kemajuan IPTEK memacu pendidik dan tenaga kependidikan untuk terus meningkatkan kompetensi dan kualitas diri. Salah satunya dengan mengikutsertakan Pengawas Sekolah pada Program Capacity Building.

Pengawas sekolah ini mempunyai peran yang sangat penting dalam mendorong sekolah binaan untuk selalu meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Dengan mengikuti program ini, diharapkan segala pengalaman yang didapat dapat didiseminasikan dan dimplementasikan setidaknya terhadap sekolah binaannya.

Buku berjudul “Berbagi Ilmu di Negeri Kanguru” merupakan buku yang disusun berdasarkan pengalaman salah satu pengawas sebagai peserta yang telah mengikuti Program Capacity Building ke Negeri Kanguru, Australia Selatan yang beribu kota di Adelaide.

Penetapan Australia Selatan sebagai tempat pelaksanaan Program Capacity Building ini, sebab sudah terjalinnya kerja sama antara pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Pemerintah Negara Australia Selatan dalam bidang pendidikan. Di samping itu, perkembangan dan pengelolaan pendidikannya dinilai sudah relatif lebih maju.

Pada buku yang terdiri dari 120 halaman ini, penulis begitu gamblang dan runtut memaparkan narasi setiap kegiatan para pengawas sekolah dari awal proses seleksi, keberangkatan, 21 hari kegiatan di Adelaide Australia Selatan, sampai kembali lagi ke tanah air. Hal ini sangat menarik dan tentunya bermanfaat agar siapa saja yang akan selanjutnya mengikuti program ini mempunyai gambaran prosedur yang harus ditempuh dan dijalani.

Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 30 November 2018 s.d. 22 Desember 2018 ini meliputi culture exchange (pertukaran budaya dengan masyarakat Australia), workshop (Union Building Adelaide University), immersion program (Kunjungan ke Para Vista Primary School) dan excursions (kunjungan ke Kebun Raya Adelaide, Museum Australia Selatan, Pusat Kegiatan Ekonomi Masyarakat/ Rundel Mall, Perpustakaan/ State Library of SA, George Wildlife Park, Gunung Lofty, dan Pemukiman Warga Jerman.

Di setiap mendeskripsikan kegiatan pun, penulis sangat menarik menyajikan ilustrasi gambar atau foto untuk lebih memperjelas gambaran nyata. Sehingga pembaca dapat melihat langsung potret-potret realita di Adelaide tersebut. Seperti pada contoh foto berikut ini:               

Begitu indah dan menarik bukan lokasi-lokasi di sana? Masih banyak lagi foto-foto dari buku tersebut yang akan semakin menggugah para pembaca, khususnya tenaga pendidik atau kependidikan menjadi termotivasi bila ada kesempatan pengrekrutan kembali untuk mencoba mengikuti program yang sangat berharga dan bermanfaat ini.

Buku Berbagi Ilmu di Negeri Kanguru ini sangat rekomendasi untuk kita baca, khususnya bagi tenaga pendidik dan kependidikan yang secara rutin selalu ada penawaran untuk mengikuti Program Capacity Building ini dan umumnya bagi masyarakat luas yang tertarik ingin berkunjung ke negara tersebut.***

Sumber: Novi Sopiyanida
Guru SMPN 1 Singaparna
Sumber foto : Ilustrasi buku Berbagi Ilmu di Negeri Kanguru./Novi Sopiyanida

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah