Bikin Lapar, Inilah 7 Makanan Khas Indonesia yang Dimasak Pakai Bambu

- 25 Maret 2022, 08:01 WIB
Kue Putu Salah Satu Makanan Indonesia/Instagram/jogjabikinlaper
Kue Putu Salah Satu Makanan Indonesia/Instagram/jogjabikinlaper /

PRIANGANTIMURNEWS - Makanan Khas Indonesia dimasak dalam bambu memang memiliki cita rasa yang khas dan unik. Keunikannya dari kuliner Indonesia ini, yaitu dimasak menggunakan bambu. Selain itu, teknik ini dapat membuat bumbu menjadi lebih meresap.

Berbagai kuliner unik di Indonesia selalu menarik, termasuk juga cara pembuatannya. Berikut masakan khas Indonesia yang dimasak memakai bambu:

1. Ayam Buluh
Makanan khas, berasal dari kota Manado ini dimasak dengan menggunakan bambu, biasanya bambu diisi potongan ayam, cabai, jahe, serai, dan kunyit. Lalu ayam dimasak selama 3 jam supaya empuk dan juicy.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Pisces Hari Ini Jumat 25 Maret 2022, Asmara, Karier dan Kesehatan

2. Bebek Timbungan
Salah satu makanan khas Bali ini dikenal dengan bebek timbungan, yang biasa dimasak dengan batang bambu. Bebek yang akan dimasak akan dimarinasi dengan rempah selama 4 jam, lalu dikukus sampai matang.

3. Pa'piong
Kalau makanan khas yang satu ini berasal dari Toraja yang terdiri dari beberapa bahan utama yaitu kerbau, babi, ayam, dan ikan mas. Lalu kemudian bambu diisi dengan bumbu masak seperti daun miana, kelapa, dan lain-lain.

4. Patin Bakar
Patin Bakar Bambu Banjaran Hulu, merupakan salah satu makanan khas Kalimantan. Ikan Patin yang dibalut dengan bumbu dan rempah pilihan dan dibungkus dengan daun pisang, dimasukan dalam bambu, lalu dibakar.

Baca Juga: Jadwal TV TransTV Hari Ini Jumat, 25 Maret 2022: Tonton Film A Star Is Born, Brick Mansion dan Insert

5. Mage Wair
Kalau makanan khas asal Flores ini dikenal dengan nama Mage Wair. Bahan utamanya menggunakan ikan merah yang dimasak dengan bambu rempah yang memiliki cita rasa gurih dan pasti ketagihan.

6. Nasi Lemang
Salah satu makanan khas asal Minangkabau ini disukai banyak orang. Nasi lemang terbuat dari beras santan yang dimasukkan ke bambu yang dibungkus. Seringkali disajikan bersama rendang atau ayam serundeng.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Instagram @indozonefyi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah