Gampang Dicari, Berikut 10 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh, Menurut Dokter Ema Surya Pertiwi

- 23 Maret 2022, 21:13 WIB
 Ilustrasi foto 10 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh Menurut Dokter Emasuper
Ilustrasi foto 10 Makanan Peningkat Imunitas Tubuh Menurut Dokter Emasuper /Youtube Emasuperr /
 
 
PRIANGANTIMURNEWS - Berikut adalah makanan yang baik buat imunitas tubuh kita,
 
1. kelor itu tidak hanya bermanfaat untuk sayuran namun bisa meningkatkan imunitas pada tubuh.
 
Daun bunga dan  buah kelor punya imunomodulator yang signifikan yaitu Niaziminin A, Niaziminin B, Selain itu kaya akan flavonoid seperti quercetin, isoquercetin, kaemopherol, dan Kaempferitin.
 
 
Dimana  zat tersebut punya efek sebagai anti virus selain itu moringa oleifera juga mengandung potasium tinggi yang dapat menurunkan infeksi pada pasien covid 19.
 
 Daun kelor bisa dikonsumsi langsung  dalam bentuk sayur ataupun kapsul ekstrak kelor.
 
2. Kayu Manis atau Cinnamon Kayumanis sudah banyak sekali digunakan sebagai pengobatan tradisional baik di Indonesia China maupun di luar negeri.
 
Kayu Manis mengandung banyak senyawa kimia seperti cinnamaldehid dan eugenol yang punya efek  antibakteri antimikroba bahkan antivirus dimana ketika kita rutin mengkonsumsi kayu manis itu bisa meningkatkan kadar imunoglobulin serum dan antibodi pada tubuh untuk memerangi virus virus  di masa pandemi ini.
 
 
Kalian bisa mengkonsumsi Kayu Manis dengan cara dicampur di minuman seperti  kopi teh ataupun merebus wedang Kayu Manis serta dalam bentuk kapsul juga bisa.
 
Jadi kapsul ekstrak kayu manis untuk meningkatkan daya tahan tubuh pada masa pandemi.
 
3. lada hitam rempah yang banyak ditemukan di Indonesia ini punya zat anti virus yang disebut sebagai piperin lada hitam sendiri bisa dikonsumsi dengan cara dicampur pada makanan ataupun ekstrak kapsul lada hitam.
 
4. jahe mengandung zingiberol shoagoals Paradol maupun zingerone yang berfungsi sebagai  antibakteri analgesik bahkan sampai antivirus jahe bisa meningkatkan imunitas tubuh kita untuk membantu memerangi masa pandemi omicron.
 
 
5. kunyit rimpang oranye satu ini sudah terkenal  sejak lama sebagai obat-obatan tradisional atau   dicampur dalam jamu biasanya kunyit punya efek  antiinflamasi antineoplastik dan bahkan sebagai antivirus untuk mengurangi replika dari virus kunyit bisa dikonsumsi secara langsung dalam bentuk jamu-jamuan dicampur dalam makanan ataupun  kapsul ekstrak kunyit untuk meningkatkan imunitas tubuh.
 
6. Aloevera atau lidah buaya selain bagus  untuk kulit ataupun enak dibuat es lidah buaya polisakarida diekstrak dari daun lidah buaya  punya efek antivirus terhadap influenza.
 
 Jadi selain enak dimakan sebagai es Aloevera bisa membantu untuk meredakan batuk ataupun gejala influenza pada tubuh brokoli sayur hijau ini  tidak hanya enak dikonsumsi sebagai sayuran atau dicemil langsung ternyata juga punya efek  dari antivirus.
 
 
Dimana brokoli kaya akan vitamin terutama vitamin E C dan k isotiosianat sulforafan  yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita makanya rajin-rajinlah mengkonsumsi brokoli untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi ini.
 
7. cengkeh ternyata tidak hanya enak untuk dicampur  dalam makanan cengkeh juga punya efek antimikroba cengkeh punya fenolik utama seperti flavonoid asam hidroksi benzoat hidroksifenil propens dan eugenol yang punya efek antimikroba terhadap bakteri gram positif maupun gram negatif serta jamur.
 
 Selain itu cengkeh juga punya senyawa antivirus yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh saat masa pandemi.
 
8. kemangi ternyata tidak hanya enak  sebagai lalapan kemangi juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita karena banyak mengandung  flavonoid yang bisa meningkatkan respon imun pada tubuh.
 
 
 9. bawang putih Ternyata selain menyedapkan makanan bawang putih juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh karena bawang putih punya efek anti inflamasi anti oksidan anti bakteri bahkan antivirus.
 
 Sebenarnya masih banyak lagi makan makanan yang terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan  daya tahan tubuh.
Namun tadi adalah makan makanan yang banyak ditemukan di Indonesia.***
 
 
 
 
 
 
 
 

Editor: Muh Romli

Sumber: Youtube Emasuperr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x