Wayang Dijadikan Sebagai Media Berdakwah dalam Menyebarkan Agama Islam pada Zaman Dahulu

- 23 Maret 2022, 21:05 WIB
Ilustrasi wayang.
Ilustrasi wayang. /Ilustrasi: Wayang/Freepik/

PRIANGANTIMURNEWS- Bagi Orang Indonesia pasti mengenal dengan wayang. Wayang merupakan hasil dari kebudayaan yang diciptakan sejak jaman dulu bahkan dijadikan sebagai media dakwah oleh para wali. Rabu, 23 Maret 2022.

Dakwah Wali Songo lekat dengan tradisi dan budaya masyarakat setempat. Salah satu anggota Wali Songo yang akrab dengan tradisi dan budaya dalam menyebarkan Islam adalah Sunan Kalijaga (Raden Mas Said).

Bahkan salah satu murid Sunan Bonang ini kerap menciptakan tembang dan karya-karya seni lain, salah satunya wayang untuk menarik minat masyarakat secara tidak langsung untuk mempelajari Islam.

Baca Juga: Simak dan Waspada Terhadap 6 Dampak Negatif Jika Tidak Mandi Sore

Sunan Kalijaga amat mahir mendalang dan menggelar pertunjukan wayang. Sebagai dalang, ia dikenal dengan julukan Ki Dalang Sida Brangti, Ki Dalang Bengkok, Ki Dalang Kumendung, atau Ki Unehan.

Berbeda dengan pertunjukan wayang lainnya, Sunan Kalijaga tidak mematok tarif bagi yang ingin menyaksikan pertunjukan beliau, melainkan cukup dengan menyebut Kalimosodo atau dua kalimat syahadat sebagai tiket masuknya.

Dengan begitu, orang-orang yang menyaksikan pertunjukan wayang Sunan Kalijaga sudah masuk Islam.

Berkat kelihaian Sunan Kalijaga berbaur, lambat laun masyarakat setempat mengenal Islam pelan-pelan dan mulai menjalankan syariat Islam.

Baca Juga: Adilson Maringa Tertarik Gabung Timnas Indonesia: Itu Menjadi Mimpi Saya

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: NU


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x