Penyebab Susah Tidur, yang Akan Membahayakan Daya Tahan Tubuh

- 3 Desember 2020, 12:34 WIB
Sulit tidur
Sulit tidur /Pixabay

PRIANGANTIMURNEWS-
Tidur sudah sebagai kebutuhan seperti makan, minum dan liburan. Sudah menjadi kebutuhan tubuh untuk asupan energi yang alami. Sangat banyak sekali manfaat dari tidur yang nyenyak dan jam tidur yang normal.

Semua orang sudah pasti pernah mengalami susah tidur. Sulit rasanya terlelap pada kurang dari jam 10 malam seperti orang-orang pada umumnya.

Baca Juga: 22 Pegawai RSUD Ciamis Terpapar Covid-19

Tidur yang normal berkisar selama 6 sampai 8 jam. Ditambah tidur siang selama 15 menit pada sebelum atau setelah jam 12 siang. Seperti yang dianjurkan Rasulullah tidur pada waktu sebelum dan setelah Dzuhur sangat dianjurkan, pilih salah satunya.

Kesulitan tidur yang akrab disebut Insomnia bisa saja disebabkan dari berbagai hal, dari mulai begadang, nongkrong, main games, nugas, chat sama mantan, mikirin kerjaan, mikirin hutan dan lain sebagainya.

Perlu kalian ketahui, bahwa kekurangan tidur memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan dan daya tahan tubuh.

Biasanya orang yang kekurangan tidur atau Insomnia bakalan terlihat lemas, mudah capek, murung, darah rendah dan mudah stres.

Pasalnya, tidur menguras tenaga, mengurangi kekebalan tubuh, badan yang seharusnya merasakan istirahat, sedangkan pikiran masih bekerja. Sehingga, semua organ tubuh ikut kerja aktif lebih keras.

Jika ingin sehat dan tidak jatuh sakit, maka berikanlah hak badan untuk tidur dan beristirahat, agar bangun nanti badan bersemangat dan bugar saat beraktivitas sehari-hari.

Halaman:

Editor: Agus Kusnanto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah