Sejarah Meletus dan Cerita Mistis Gunung Galunggung

- 24 Februari 2022, 09:20 WIB
Sejarah meletus dan misteri Gunung Galunggung.
Sejarah meletus dan misteri Gunung Galunggung. /Channel YouTube Giant Project /

PRIANGANTIMURNEWS- Gunung Galunggung yang sudah kakoncara seantero Nusantara juga meninggalkan sejarah dan menyimpan berbagai cerita termasuk cerita mistis.

Gunung Galunggung tak hanya memiliki keindahan objek wisata air panas, pandangan, namun dirasa kurang lengkap jika tidak membahas sejarah dan cerita mistis Gunung Galunggung.

Gunung Galunggung memiliki ketinggian 2167 kedalaman dari permukaan laut yang terletak di Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat selain memiliki keindahan alam juga menyimpan cerita mistis.

Baca Juga: Beckham Mendapat Penghargaan Pemain Muda Terbaik: Penghargaan Pribadi Cuma Bonus

"Gunung Galunggung pernah meletus sebanyak empat kali. Letusan pertama Gunung Galunggung terjadi pada tahun 1822."dikutip priangantimurnews.pikiran-rakyat.com Kamis 24 Februari 2022.

Letusan pertama Gunung Galunggung menyebabkan hujan pasir berwarna merah yang sangat panas dan mengeluarkan lahar panas setidaknya ada 4011 orang yang meninggal dan 114 desa luluh lantah.

Ltusan kedua terjadi pada tahun 1894 mengeluarkan awan panas sama halnya dengan kejadian 1822.

Sebanyak 50 desa yang terkena dampak akibat abu vulkanik banyak rumah-rumah warga yang hancur dan luluh lantah akibat letusan Gunung Galunggung.

Baca Juga: Sawo buah yang jadi Oleh-Oleh Pantai Pangandaran

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Channel YouTube Giant Project


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x