Sejarah Asal Usul Terbentuknya Kabupaten Kediri Jawa Timur

- 28 Februari 2022, 13:27 WIB
 Simpang Lima gumul Kediri Jawa Timur
Simpang Lima gumul Kediri Jawa Timur /Instagram @simpanglimagumul /

PRIANGANTIMURNEWS - Asal-usul Kabupaten Kediri kisah dari provinsi Jawa Timur kabupaten Kediri adalah salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur Indonesia.

Tepat di bagian tengah wilayah kabupaten Kediri melintas Sungai Brantas yang membelah wilayah kabupaten Kediri menjadi 2 bagian yaitu bagian barat Sungai Brantas dan bagian timur Sungai Brantas.

Kabupaten Kediri terkenal sebagai Kota tahu, hal ini karena di Kediri disebut-sebut sebagai pelopor pembuatan tahu sejak dulu.

Baca Juga: Busi Motor Mati, Tidak Perlu Panik. Ini Caranya Menghiduokan Busi Mati

Sama halnya daerah lain Kediri juga memiliki cerita asal usul pemberian nama Kediri asal-usul nama Kediri sendiri banyak ragam versinya,

Sebagaimana dilansir priangantimurnews.com dari Youtube, konon di Kediri ada sebuah kerajaan besar bernama Kerajaan Medang rajanya bernama Prabu Airlangga.

Prabu Airlangga berasal dari pulau Bali Ia adalah seorang Putra Raja di Bali, Ia menjadi raja Medang karena menikah dengan Putri Raja Medang.

Saat usia Prabu Airlangga sudah tua seperti orang Hindu lainnya Ia juga ingin bertanya akan tetapi ia harus menyerahkan Tahta kerajaannya terlebih dahulu.

Baca Juga: Sejarah 2 Maung Panjalu dan Sumpahnya Kepada Warga Panjalu Ciamis

tidak ada yang lain tahta kerajaan Medang akan diserahkan pada Putri semata wayangnya, ia putri yang cantik jelita bernama putri Dyah Sangrama Wijaya akan tetapi Putri Dyah Sangrama Wijaya menolak keinginan ayahnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: YouTube Dongeng Kita


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x