Sejarah 2 Maung Panjalu dan Sumpahnya Kepada Warga Panjalu Ciamis

- 28 Februari 2022, 13:12 WIB
Ilustrasi 2 Harimau Panjalu.
Ilustrasi 2 Harimau Panjalu. /Instagram @harimauputih199/

PRIANGANTIMURNEWS- Selain dikenal berkat Situ Lengkong dan upacara adat nyangku panjalu ciamis juga dikenal dengan mitos maung dulunya mitos ini berkembang di kalangan masyarakat panjalu.

Sebagaimana dilansir priangantimurnews.com dari Youtube Keramat Wali, Zaman dulu dan mungkin masih dipercaya oleh sebagian orang hingga saat ini dikutip dari buku babad panjalu.

Orang panjalu yang keturunan maung panjalu dicirikan dengan kuku tangannya yang mirip kuku harimau dan apabila bertemu dengan harimau betulan, harimau betulan akan ketakutan.

Mitos maung panjalu berasal dari cerita babad yaitu babad panjalu, alkisah seorang putri kerajaan sunda Pajajaran bernama Dwi Suci larang dipinang oleh seorang pangeran dari Majapahit yang bernama pangeran Gajah Wulung.

Baca Juga: HANYA DI SINI, Lirik dan Link Download MP3 Lagu 'Cinta Sampai Mati' - Raffa Affar, GRATIS

Setelah menikah sang putri pun diboyong ke Majapahit oleh sang suami yang disebut dalam kisah tradisional sebagai putra dari Prabu Brawijaya.

Beberapa waktu kemudian sang putri mengandung nampaknya ia tak terlalu betah di Majapahit maka ketika kandungannya mendekati usia melahirkan ia meminta izin untuk dapat melahirkan di tanah kelahirannya di sunda.

Meski berat hati pangeran Gajah Wulung mengizinkan permintaannya tersebut maka diperintahkan lah sepasukan untuk mengantar Dwi Suci larang ke kerajaan Pajajaran menjalani perjalanan yang sangat panjang tersebut.

Di tempat-tempat yang aman dan nyaman rombongan kerap berhenti untuk beristirahat hal tersebut juga dilakukan ketika memasuki kawasan hutan panumbangan yang saat itu masih wilayah kerajaan Panjalu.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Youtube Keramat Wali


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x