Wajib Tahu, Lima Penyakit Hati Manusia, Nomo 2 yang Paling Sering Terjadi

- 1 April 2022, 06:32 WIB
 Ilustrasi Penyakit Hati / Pixabay
 Ilustrasi Penyakit Hati / Pixabay /

PRIANGANTIMURNEWS - Perkara hati memang sulit. Tidak seperti amal perbuatan yang bisa dilihat orang lain, hanya kita sendiri yang tahu mengenai hati kita.

Sehingga lebih mudah untuk kita tergelincir pada penyakit hati saat sedang khilaf terlupa kalau kita selalu ada dalam pengawasan Allah Azza wa jalla.

"Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati." (HR. Bukhari Muslim).

Baca Juga: Ternyata 5 Zodiak Ini Berpotensi Mengkhianati Pasangannya


Simak berikut ini lima penyakit hati manusia:

1. Takabbur
Takabbur itu sombong. Dalam islam, sombong itu menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.

Menganggap diri paling benar, yang lain salah. Paling pintar, paling tahu. Yang mengerikan adalah, betapa berat perkara sombong ini, hingga seseorang tidak dapat masuk surga selama ada kesombongan dalam hatinya meski sebesar biji sawi.

2. Riya'
Riya' itu, melakukan suatu perbuatan agar dipuji manusia, bukan karena Allah Ta'ala. Nah ngerinya adalah, riya bisa muncul sebelum, sedang, atau setelah amalan. Serem kan?

Baca Juga: Mulai Hari ini, Jumat 1 April 2022, Harga Pertamax Naik, Jadi Rp12.500 Per Liter

3. Ujub
Ujub ialah mengagumi diri sendiri, merasa 'lebih' dari yang lain. Mungkin orang jamak berpikir ini sama dengan sombong. Beda ujub dari takabbur atau sombong adalah, pada ujub tidak didapatkan penolakan terhadap kebenaran.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: YouTube Khazanah Dakwah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x