Hujan Disertai Angin Kencang dan Petir Pertengahan April akan Melanda Bogor

- 11 April 2021, 20:20 WIB
Ilustrasi hujan disertai petir. BMKG prediksi adanya potensi hujan disertai petir dan angin kecil di sejumlah wilayah di Jawa Barat.
Ilustrasi hujan disertai petir. BMKG prediksi adanya potensi hujan disertai petir dan angin kecil di sejumlah wilayah di Jawa Barat. /Pexels

PRIANGANTIMURNEWS - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan diserta angin kencang dan petir akan terjadi seiring peralihan musim pada pertengahan April 2021 ini.

Melihat kondisi itu masyarakat di Kota Bogor dan sekitarnya diminta untuk waspada.

Kepala Stasiun Klimatolologi BMKG Fatuhri menuturkan, prakiraan angin wilayah Bogor dan sekitarnya masih didominasi dari Barat Daya hingga Barat Laut dengan kecepatan 10 - 30 km/jam.

Baca Juga: Pencarian Korban Kapal MV Barokah Jaya Resmi Dihentikan


Namun karena sudah mulai memasuki peralihan musim (panca roba) maka ada kemungkinan terjadinya hujan dengan durasi singkat disertai kilat/petir dan angin kencang.


"Kami imbau masyarakat untuk waspada dengan kemungkinan angin kencang, untuk daerah rawan bencana lebih baik siaga," tutur Fatuhri Minggu 11 April 2021.


Sementara itu,  Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas seperti dikutip priangantimurnews.com dari Pikiran Rakyat mengatakan, antisipasi bencana dilakukan sebagai bentuk kesiapsiagaan masyarakat melalui simulasi bencana. Dengan simulasi bencana, masyarakat dan petugas terbiasa  menghadapi bencana.


"Masyarakat dan petugas semua bisa menempatkan diri dimana posisi jalur evakuasi atau dimana titik kumpul. Lalu masyarakat juga tahu harus lapor kemana saja dan petugas juga tahu apa yang dilakukan," kata Theo.

Baca Juga: Terkumpul Uang 28 Juta Hasil Ngamen untuk Para Korban Tragedi Pasar Wisata Pangandaran


Simulasi dimulai dengan laporan pantauan Bendung Katulampa jika sudah mencapai ketinggian yang maksimal atau menuju siaga satu.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah