Jelang Wisuda Akbar, Forum Huffazhil Qur'an Tasikmalaya Akan Selenggarakan Acara 'Simaan'

- 19 Februari 2023, 09:48 WIB
Enceng Rohmat Ketua Pelaksanaan 'Simaan' yang akan dilaksanakan pada Ahad, 19 Februari 2023 di Masjid Agung Kota Tasikmalaya/Ade Advian Achmad.
Enceng Rohmat Ketua Pelaksanaan 'Simaan' yang akan dilaksanakan pada Ahad, 19 Februari 2023 di Masjid Agung Kota Tasikmalaya/Ade Advian Achmad. /



PRIANGANTIMURNEWS - Forum Huffazhil Quran jelang Wisuda Akbar akan mengadakan acara 'Simaan'.

'Simaaan' adalah kegiatan pembacaan Al Qur'an tanpa melihat kitab Suci Al Qur'an yang dilakukan oleh santri dihadapan santri lainnya.

Jika ada yang salah, maka kewajiban santri lainnya untuk mengislahnya (mengoreksi).

Baca Juga: Mason Greenwood Adakan Pertemuan Rahasia dengan Beberapa Skuad Manchester United

Forum Huffazhil ini sendiri adalah forum yang mengkoordinir seluruh rumah tahfiz Al Qur'an dan pesantren-pesantren yang berada di Kota Tasikmalaya yang mempunyai program tahfiz Qur'an.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Ustadz Enceng Rohmat, S.Pd.I kepada priangantimurnews.com pada Ahad, 19 Februari 2023.

" Acara simaan ini menjelang wisuda akbar yang akan dilaksanakan pada 26 Februari 2023. Wisuda akbar ini adalah program tahunan dari Forum Huffazhil Qur'an. " ujar Enceng.

Acara 'simaan' merupakan salah satu rangkaian menjelang wisuda akbar tersebut. Para santri dalam acara 'simaan' ini akan di munaqosah dulu oleh munaqis untuk mempertanggung jawabkan hapalannya.

Baca Juga: Mantan Pemain Chelsea Christian Atsu Ditemukan Tewas dibawah Reruntuhan Gempa di Turki

Hal ini dilakukan untuk menyakinkan agar para santri benar-benar hapal sesuai kategorinya.

Setelah masing-masing santri  melakukan 'simaaan' dilanjutkan dengan 'Simaan' Akbar. Dimana para santri baik dari rumah tahfiz atau dari pesantren-pesantren saling menyima hapalannya masing-masing.

Acara Simaaan ini akan dilaksanakan hari ini Ahad,19 Februari 2923 di Masjid Agung Kota Tasikmalaya mulai pukul 13:00 WIB.

Sementara untuk wisuda akbar-nya masih menurut Enceng Rohmat akan dilaksanakan di Kampus STIMIK Kota Tasikmalaya pada Ahad, 26 Februari 2023.

Acara Wisuda Akbar nanti akan dihadiri oleh Ulama Qiro'ah dari Universitas Al Azhar Mesir yakni Syaikh Bahaudin Draz.

Baca Juga: Borussia Dortmund vs Hertha Berlin di Bundesliga: Pratinjau, Jadwal, H2H, Prediksi Skor

Wisuda akbar juga akan dihadiri oleh Pejabat Walikota Tasikmalaya DR. Cheka Virgowansyah, Kemenag Kota Tasikmalaya Dr. H. Supriana dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Hj. Eli Suminar. ***

Editor: Galih Cipta Nugraha

Sumber: Pribadi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x