Manfaat Vitamin B1 untuk Kesehatan Tubuh

- 22 Desember 2021, 19:06 WIB
Ilustrasi. Berikut ini merupakan gejala yang akan dialami apabila kekurangan mengkonsumsi vitamin B12, mudah marah salah satunya.
Ilustrasi. Berikut ini merupakan gejala yang akan dialami apabila kekurangan mengkonsumsi vitamin B12, mudah marah salah satunya. /Pixabay

PRIANGANTIMURNEWS - Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui apa sebenarnya Vitamin B1 atau disebut juga sebagai tiamin.

Vitamin B1 merupakan salah satu Vitamin b kompleks yang larut dalam air yang banyak ditemukan di berbagai sumber  yang berfungsi untuk metabolisme makanan menjadi energi.

Manfaat Vitamin B1 sangat diperlukan bagi tubuh kita, terutama bagi yang ingin memiliki tingkatan kemampuan otak dalam bekerja termasuk dalam hal berpikir, mengingat, dan memperhatikan sesuatu.

Baca Juga: Tenaga Medis Panggil lebih banyak Personel di Rumah Sakit COVID-19 di Seoul

Berikut adalah beberapa Manfaat Vitamin B1 bagi tubuh dilansir dari YouTube Cara Profesor pada Rabu, 23 Desember 2021, diantaranya:

  1. Mengatur nafsu makan

Salah satu Manfaat Vitamin B1 adalah membantu mengatur nafsu makan. Vitamin ini bekerja dengan neurotransmitter di otak untuk memberi tahu tubuh kita ketika lapar.

Selain itu, fungsi Vitamin B1 lainnya adalah membuat tubuh tahu kapan waktunya kenyang selama makan. Vitamin ini juga dapat mencegah kita makan berlebihan.

Baca Juga: Kementan Siapkan Lebih dari 2 Juta Petani Milenial sebagai SDM Pertanian yang Unggul

  1. Memaksimalkan fungsi sistem saraf dan kardiovaskuler

Vitamin B1 atau tiamin menyediakan nutrisi untuk sel-sel saraf yang sehat, serta struktur dan fungsi sel saraf. Sistem saraf pusat kita mengandalkan Vitamin B1 untuk berfungsi secara normal. Vitamin B1 juga bermanfaat bagi sistem kardiovaskuler dalam tubuh Anda dengan mempertahankan sel darah merah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Halaman:

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Youtube CaraProfesor


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah