Benarkah Tidurnya Orang yang Berpuasa adalah Ibadah? Simak Berikut Ini !

- 30 Maret 2022, 14:37 WIB
 Ilustrasi orang tidur saat puasa
 Ilustrasi orang tidur saat puasa /freepik/

PRIANGANTIMURNEWS - "Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah. Diamnya adalah tasbih. Doanya adalah doa yang mustajab".

"Pahala amalannya pun akan dilipatgandakan". Perawi hadis di atas adalah 'Abdullah bin Aufi. Hadis ini dibawakan oleh Al Baihaqi dalam Syu'abul Iman 3/1437. Dalam hadis ini terdapat Ma'ruf bin Hasan dan dia adalah perawi yang dho'if (lemah). Juga dalam hadis ini terdapat Sulaiman bin 'Amr yang lebih dho'if dari Ma'ruf bin Hasan.

Dalam riwayat lain, perawinya adalah 'Abdullah bin 'Amr. Hadisnya dibawakan oleh Al 'Iroqi dalam Takhrijul Ihya' (1/310) dengan sanad hadis yang dho'if (lemah).

Baca Juga: Terjerat Penyalagunaan Narkotika Musisi MFL Harus Jalani Rehabilitasi Selama 3 Bulan

Setelah kita mengetahui bahwa hadis yang mengatakan "tidur orang yang berpuasa adalah ibadah" termasuk hadis yang dho'if, sebenarnya masih bisa kita bawa ke makna yang benar.

Sebagaimana para ulama biasa menjelaskan suatu kaidah bahwa setiap amalan yang statusnya mubah (seperti makan, tidur, dan berhubungan suami istri) bisa mendapatkan pahala dan bernilai ibadah apabila diniatkan untuk melakukan ibadah.

Sebagaimana An Nawawi dalam Syarh Muslim (6/16) mengatakan, "Sesungguhnya perbuatan mubah, jika dimaksudkan dengannya untuk mengharapkan wajah Allah Ta'ala, maka dia akan berubah menjadi suatu ketaatan dan akan mendapatkan balasan (pahala)".

Baca Juga: Seulgi Red Velvet Dikabarkan Positif COVID-19, Ini Pernyataan SM Entertainment

Intinya, semuanya adalah tergantung niat. Jika niat tidurnya hanya malas-malasan sehingga tidurnya bisa seharian dari pagi hingga sore, maka tidur seperti ini adalah tidur yang sia-sia.

Namun jika tidurnya adalah tidur dengan niat agar kuat dalam melakukan shalat malam dan kuat melakukan amalan lainnya, tidur seperti inilah yang bernilai ibadah.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: instagram@maisarapremium_idn


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah