WAJIB TAHU! Inilah Tiga Waktu Terkabulnya Do'a di Bulan Ramadan

- 4 April 2022, 16:29 WIB
Ilustrasi Berdo'a di tiga waktu pada bulan Ramadhan./Freepik
Ilustrasi Berdo'a di tiga waktu pada bulan Ramadhan./Freepik /

PRIANGANTIMURNEWS - Doa adalah permohonan kepada Allah yang disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan dan kemaslahatan yang berada di sisi-Nya.

Al-Qur’an juga memberikan penjelasan bahwa orang-orang yang taat melakukan ibadah senantiasa mengadakan pendekatan kepada Allah dengan memanjatkan doa yang disertai keikhlasan hati yang mendalam.

Sebuah doa akan cepat dikabulkan apabila disertai keikhlasan hati dan berulangkali dipanjatkan. Hal ini banyak ditegaskan dalam ayat Al-Qur’an, di antaranya :

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ (55) وَلا تُفْسِدُوا فِي الأرْضِ بَعْدَ إِصْلاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا إِنَّ رَحْمَةَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ (56)

Artinya: “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri (tadharu’) dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi sesudah Allah memperbaikinya, dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut akan tidak diterima dan penuh harapan untuk dikabulkan. Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS. Al-A’raaf : 55-56).

Baca Juga: JANGAN KETINGGALAN, Ini Keutamaan Sholat Tarawih di Malam Ketiga Bulan Ramadhan 1443 H/ 2022 M

Jadi dapat disimpulkan bahwa doa merupakan suatu kegiatan permohonan serta bentuk komunikasi dengan Tuhan sebagai bentuk permintaan atau harapan yang dilakukan oleh individu kepada Allah, dalam upaya untuk suatu kebaikan, juga sebagai salah satu upaya untuk membersihkan dan menghilangkan nilai-nilai kemusrikan dalam diri. Sehingga dapat memberikan ketenangan pada jiwa.

Seperti dilansir priangantimurnews.com dari Instagram @Mahasiswa.salaf, berikut ini tiga waktu terkabulnya do'a di bulan Ramadhan.

1. Waktu Sahur
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @Mahasiswa.salaf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x