LENGKAP, Ini Bacaan Niat Zakat Fitrah Bagi Diri Sendiri, Istri, Anak, Hingga Seluruh Keluarga

- 5 April 2022, 16:06 WIB
Zakat Fitrah
Zakat Fitrah /Preefik/

PRIANGANTIMURNEWS - Berikut ini bacaan lengkap niat zakat fitrah bagi diri sendiri, istri, anak, hingga seluruh keluarga.

Perlu di ketahui, bahwasannya zakat fitrah hukumnya wajib dikeluarkan oleh seluruh umat muslim.

Baik laki-laki maupun perempuan, besar maupun kecil, tua maupun muda, bahkan bayi yang lahir di akhir bulan Ramadhan sebelum matahari terbenam pun wajib diniatkan zakat fitrah.

Baca Juga: Keutamaan Sholat Tarawih Malam Keempat, Umat Muslim Harus Tahu!

Zakat ini disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah, agar setiap muslim kembali kepada keadaan fitrah dan suci. Hal ini berdasarkan hadis Ibnu Umar ra yang berkata:

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu, membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan.

Baca Juga: Supardi Nasir Umumkan Perpisahan dengan Persib Bandung Melalui Akun Instagram Pribadinya

Zakat fitrah ini besarannya adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Halaman:

Editor: Rahmawati

Sumber: BAZNAS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x