Apa dan Kapan Malam Nuzulul Qur'an? Berikut Amalan yang Disunnahkan di Malam Mulia ini

- 10 April 2022, 15:01 WIB
Ilustrasi  masjid merupakan sarana untuk tempat ibadah. Ada delapan hikmah puasa   yang wajib diketahui umat Islam
Ilustrasi masjid merupakan sarana untuk tempat ibadah. Ada delapan hikmah puasa   yang wajib diketahui umat Islam /freepix/

PRIANGANTIMURNEWS- Nuzulul Quran adalah peristiwa penting di tanggal 17 bulan Ramadhan, dimana Al-Quran diturunkan pada tanggal ini.

Dalam hitungan kalender Puasa Ramadhan 1443 H atau 2022 M malam Nuzulul Quran jatuh pada 29 April 2022 di malam ke 17 bulan Ramadhan.

di Indonesia biasanya malam Nuzulul Quran diperingati dengan acara mengkhatamkan al-Quran di masjid.

Baca Juga: 5 Hadis Tentang berbakti kepada Orang Tua paling Populer

Ada juga yang memperingatinya dengan acara seremonial di masjid dan menambah wawasan dengan berbagai tausyiah dalam mengingat tragedi besar turunnya kitab suci umat Islam.

Di malam Nuzulul Quran ini menjadi hari penting bagi umat Islam di setiap bulan Ramadhan sebagai bentuk penghayatan dan mengamalkan dalam ajaran yang terkandung dalam Al-Quran.

Dalam sejarahnya, turunnya al-Quran pertama kali kepada Nabi Muhammad ketika Rasul diperintahkan malaikat Jibril untuk membaca surah Al Alaq ayat 1-5.

Saat itu Rasulullah dituntun untuk membaca surat Al-alaq oleh malaikat Jibril, dengan pengulangan, akhirnya Rasulallah mampu membaca surah Al-Alaq.

Dalam surah ini, secara eksplisit Allah meminta agar manusia mengenal dirinya yang lahir dari segumpal darah dan mengenal Allah yang menciptakanNya.

Halaman:

Editor: Muhammad Adam Mubarok

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x