Jadi Penyempurna Ibadah Ramadan, Ini 5 Fungsi Zakat Fitrah

- 10 April 2022, 03:34 WIB
ilustrasi zakat fitrah
ilustrasi zakat fitrah /pixabay

PRIANGANTIMURNEWS- Zakat fitrah merupakan harta yang wajib dikeluarkan oleh umat muslim menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pembayaran zakat fitrah dapat berupa makanan ataupun uang tunai. Dalam agama Islam, zakat fitrah menjadi penyempurna ibadah puasa Ramadan.

Selain untuk menyucikan harta, ada beberapa fungsi melaksanakan zakat fitrah. Apa saja itu?

1. Zakat fitrah dapat membersihkan jiwa
Selain pahala berlipat ganda, bulan suci Ramadan juga menjadi kesempatan menyucikan jiwa melalui zakat fitrah. Hal itu tertera dalam Al-Quran Surat At-Taubah ayat 103.

Baca Juga: Jadwal TV RCTI Hari Ini Minggu, 10 April 2022: Ada Ikatan Cinta, Master Chef Indonesia dan Amanah Wali

"Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnnya doa kamu itu ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”


2. Zakat fitrah dapat menyucikan harta
Bukan hanya jiwa yang kembali suci, zakat fitrah juga dapat membersihkan harta dari hal-hal tidak baik. Misalnya, kamu adalah seorang pedagang. Dalam proses jual beli, ada pelanggan yang tidak rida dengan harga yang kamu patok. Dia membelinya tanpa rasa ikhlas. Hal itu dapat menjadi penghalang dalam memperoleh harta.

Proses jual beli tersebut dapat disucikan melalui zakat fitrah. Namun, fungsi menyucikan harta ini tidak berlaku bagi umat muslim yang memperoleh harta secara haram, seperti hasil korupsi, mencuri, atau menipu.

Baca Juga: 5 Cara Jitu Kurangi Bau Mulut Saat Berpuasa, Tetap Pede!


3. Tali silaturahim dapat terjalin erat
Zakat fitrah dapat menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahim antarumat muslim. Apabila muzaki (pemberi) peduli kepada mustahik (penerima) dan mustahik mendoakan muzaki, hal ini dapat memperkuat hubungan persaudaraan.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Instagram @dakwah.islam.01


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah