Inilah Bacaan Niat Zakat Fitrah, Bagi Diri Sendiri, Istri, Anak, Hingga Seluruh Keluarga

- 11 April 2022, 17:17 WIB
Beras merupakan salah satu bahan poko untuk menunaikan zakat fitrah.
Beras merupakan salah satu bahan poko untuk menunaikan zakat fitrah. /Pixabay/

PRIANGANTIMURNEWS - Simak, berikut ini disediakan bacaan niat zakat fitrah untuk diri sendiri, istri, anak, hingga seluruh keluarga.

Zakat Fitrah merupakan zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim baik laki-laki maupun perempuan, besar maupun kecil, tua maupun muda, bahkan bayi yang lahir di akhir bulan Ramadhan sebelum matahari terbenam pun wajib diniatkan zakat fitrah.


Zakat ini disyariatkan pada tahun kedua Hijriyah, agar setiap muslim kembali kepada keadaan fitrah dan suci. Hal ini berdasarkan hadis Ibnu Umar ra yang berkata:

Baca Juga: Makanan Sehat Pengganti Sayur Ini kata dr Zaidul Akbar: Bagi yang tidak suka Sayur

"Rasulullah SAW mewajibkan zakat fitrah satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas umat muslim; baik hamba sahaya maupun merdeka, laki-laki maupun perempuan, kecil maupun besar. Beliau saw memerintahkannya dilaksanakan sebelum orang-orang keluar untuk shalat.” (HR Bukhari Muslim)

Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadhan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu,membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan.

Zakat fitrah ini besarannya adalah beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa.

Baca Juga: Atalia Praratya Kamil Mengantar Rantang Cinta dan Bantuan di Pangandaran

Berikut bacaan niat zakat fitrah, sebagaimana dikutip dari priangantimurnews.com dari Baznas

Halaman:

Editor: Rahmawati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x