Amalan Jumat: 5 Fadilah Keutamaan Surat Al Kahfi, Salah Satunya Terjaga dari Gangguan Setan

- 13 Januari 2023, 08:16 WIB
Inilah Fadilah keutamaan membaca surat Al Kahfi.
Inilah Fadilah keutamaan membaca surat Al Kahfi. /Pexels/

PRIANGANTIMURNEWS- Jumat adalah hari dimana umat Islam laki-laki melakukan ibadah wajib shalat jumat di Masjid, dan merupakan pemimpin dan penghulu hari yang dinamakan Sayyidul Ayyam.

Banyak keutamaan amalan yang ditekankan pada hari Jumat karena pahalanya, dan hari yang diberkahi. Salah satunya adalah membaca surat Al Kahfi yang memiliki arti penghuni-penghuni gua.

Dalam surat Al-Kahfi sendiri memiliki inti sebuah kisah para pemuda yang telah hidup dalam tidur hampir 300 tahun atau lebih lamanya di alam gua. Setelah mereka lari dari kedzaliman penguasa negeri tersebut dari pada harus tunduk pada keburukannya.

Baca Juga: Weghorst Bergabung Bersama Manchester United, Tinggal Selangkah Lagi

Diceritakan dalam ayat 9 – 26 dalam surat tersebut, mengajarkan umat muslim tentang keyakinan dan tauhid yang kuat.

Membaca surat al-kahfi juga merupakan salah satu amalan yang disunnahkan dan dicontohkan oleh Rasulullah SAW tiap hari Jum’at.

“Barangsiapa yang membaca surah Al-Kahfi pada hari Jumat, niscaya Allah menyinarinya dengan cahaya selama antara dua jumat.” Hadits Imam Ad Daruquthni dan Imam Baihaqi.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Gemini Hari Ini Jumat 13 Januari 2023,Jangan Terlalu Memporsir Diri Anda dengan Hal tak Berguna

Ada pun rentang waktu yang dianjurkan membaca surat  Al-Kahfi yakni mulai dari hari Kamis malam sampai dengan hari Jumat sore. Akan tetapi, jika dibacakan setiap hari pun akan jauh lebih baik.

Halaman:

Editor: Galih R


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x