UCR: Tarhib Ramadhan Adalah Bentuk Syukur Umat Islam dalam Menyambut Bulan Penuh Berkah

- 21 Februari 2024, 15:21 WIB
Pimpinan Ponpes Alam Tahfidz Hamalatul Qur'an Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Ustadz Cecep Iwan Ridwan atau lebih dikenal sebagai UCR/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN
Pimpinan Ponpes Alam Tahfidz Hamalatul Qur'an Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya, Ustadz Cecep Iwan Ridwan atau lebih dikenal sebagai UCR/Ade Advian Achmad/priangantimurnews/PRMN /

PRIANGANTIMURNEWS - Sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan menyambut tibanya bulan Ramadhan tahun 2024 atau tahun 1445 Hijriyah.

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinanti oleh seluruh umat Muslim di dunia. Bulan ini merupakan bulan suci dimana umat Muslim akan menjalankan puasa dan berburu pahala.

Menjelang tibanya bulan penuh berkah dan ampunan ini di Indonesia khusunya selalu dilaksanakan kegiatan Tarhib Ramadhan.

Baca Juga: Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadhan Jatuh Pada 11 Maret dan Idul Fitri 10 April 2024

Lantas apakah yang dimaksud dengan Tarhib Ramadhan tersebut?

Secara bahasa, Tarhib (ترحيب) artinya penyambutan. Berasal dari kata _Rahiba-Yarhabu-Rahaban_ (رحبا) yang berarti _ittasa'a_ (melebarkan, meluaskan, melapangkan).

Tarhib juga merupakan ungkapan selamat datang atas kedatangan seseorang atau kehadiran sesuatu yang indah.

Maka dari itu, Tarhib Ramadhan artinya menyambut bulan Ramadhan. Ini adalah suatu hal yang dilakukan umat Islam untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan penuh suka cita.

Baca Juga: 4 Amalan yang Indah di Akhir Ramadhan, Menurut KH Cecep Iwan Ridwan

Halaman:

Editor: Sri Hastuti


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x