Kemendag Ditekan Legislator untuk Percepat Optimalkan FTA Guna Pulihkan Ekonomi

- 13 Januari 2021, 11:31 WIB
Anggota Komisi VI DPR RI Amin AK
Anggota Komisi VI DPR RI Amin AK /ANTARA/

PRIANGANTIMURNEWS- Amin Ak selaku anggota Komisi VI DPR RI menekankan supaya FTA atau disebut perjanjian perdagangan bebas yang telah dilakukan dengan berbagai negara dan kawasan Internasional dipercepat untuk pulihkan ekonomi nasional.

Ia mengatakan dalam keterangannya secara tertulis di Jakarta. Rabu, 13 Januari 2021. Berharap supaya Muhammad Lutfi selaku Kementerian Perdagangan bebas secara bilateral dengan 162 negara.

Dikutip Priangan Timur News dari antara, 'Legistor ingatkan Kemendag agar optimalkan FTA percepat ekonomi pulih'

Baca Juga: Presiden Jokowi Disuntik Vaksin Covid-19, di Lengan Tangan Kirinya

Menurutnya, mengemukakan salah satu andalan untuk pemulihan ekonomi nasional agar keluar dari resesi adalah perdagangan internasional yang diharapkan terus tumbuh positif.

Menurut Amin, peningkatan aktivitas domestik khususnya konsumsi dan investasi swasta, sulit untuk pulih cepat mengingat belum terbentuknya kondisi herd immunity secara menyeluruh di tingkat nasional.

Untuk itu, Amin mendorong beragam upaya untuk menggenjot devisa, terutama dari ekspor komoditas, agar jangan hanya mengandalkan permintaan dari negara mitra dagang utama Indonesia, terutama China, Amerika Serikat, Jepang, dan India.

Baca Juga: MU Naik ke Puncak Klasemen, Pogba Juru Kunci Kemenangan

Peningkatan permintaan komoditas akan ikut mendorong ekspor Indonesia mengalami peningkatan ke depannya dan mampu menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Karena itu optimalisasi FTA bilateral dengan negara-negara Asia, Eropa, dan Afrika, sangat penting dan strategis. Tidak hanya memacu ekspor, namun juga investasi yang berorientasi ekspor," paparnya.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x