Pemimpin Soviet Terakhir, Gorbachev Merayakan Ulang Tahun ke-90

- 3 Maret 2021, 08:24 WIB
Gorbachev dan Vladimir Putin.
Gorbachev dan Vladimir Putin. /Reuters/

PRIANGANTIMURNEWS- Mikhail Gorbachev, pemimpin Soviet terakhir, mengadakan pesta zoom di karantina untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-90 pada hari Selasa, 2 Maret 2021 ketika Presiden Vladimir Putin memujinya sebagai "negarawan luar biasa" yang mempengaruhi jalannya sejarah.

Gorbachev, yang memperjuangkan pengendalian senjata dan reformasi berorientasi demokrasi sebagai pemimpin Soviet pada 1980-an, secara luas dipuji karena membantu mengakhiri Perang Dingin.

Para pengkritiknya di Rusia menyalahkannya atas apa yang mereka anggap sebagai perpecahan yang tidak perlu dan menyakitkan dari Uni Soviet pada tahun 1991.

Baca Juga: Kabar Duka, Presenter Rina Gunawan Meninggal Dunia

Gorbachev telah berada di karantina di rumah sakit selama berbulan-bulan sebagai tindakan pencegahan selama pandemi virus korona, dan akan mengadakan pesta virtual dengan teman dekat dan staf dari yayasannya, kata juru bicara Gorbachev Vladimir Polyakov.

Kami akan mengangkat kacamata kami, katanya. Kita akan berkumpul di sini dan dia akan berada di sana dan kita akan bertemu dan bersulang.

Polyakov mengatakan pesan ucapan selamat telah mengalir dari para pemimpin dunia, termasuk Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, Presiden AS Joe Biden dan Kanselir Jerman Angela Merkel.

Baca Juga: Sri Mulyani: Program Vaksinasi, Ikhtiar Kemenkeu Mempercepat Berakhirnya Pandemi

Putin, yang menyesali perpecahan Soviet, mengirimi Gorbachev telegram ucapan selamat, yang dipublikasikan di situs Kremlin.

Halaman:

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: REUTERS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x