Bendungan Randugunting Blora Impounding November Tahun 2021 Ini

- 7 November 2021, 21:12 WIB
Bendungan Randugunting
Bendungan Randugunting /Kamsari/Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

PRIANGANTIMURNEWS- Kementerian PUPR tengah melakukan tahap akhir pembangunan Bendungan Randugunting Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

Pembangunan bendungan Randugunting diperlukan untuk menjaga ketersediaan air di daerah Blora yang terkenal memiliki intensitas hujan rendah.

Bendungan Randugunting memiliki luas genangan 187,19 ha dengan kapasitas tampung 14,42 juta m3 untuk mengairi lahan pertanian, pengendali banjir, penyediaan air baku serta pengembangan pariwisata air dan agrowisata.

Baca Juga: Menjadi Sorotan, Tom Lifawa Jamin Masa Depan Anak Mendiang Vanessa Angel

Progres pembangunan bendungan yang dibangun tahun 2018 ini sudah mencapai 85,7% dan ditargetkan impounding pada November 2021. Diharapkan pada Maret 2022 tinggi permukaan air sudah memenuhi kapasitas bendungan.

Pembangunan Bendungan Randugunting menggunakan skema Padat Karya Tunai (PKT) yang melibatkan masyarakat setempat untuk pekerjaan-pekerjaan yang tidak membutuhkan alat berat, misalnya menyusun batu urugan dan membangun fasilitas pendukung.

Baca Juga: Sangat Berbahaya, Berikut 7 Ancaman Akibat Kurang Tidur

Salah seorang warga Desa Kalinanas Suprapto mengaku sangat terbantu dengan bekerja di pembangunan Bendungan Randugunting karena memiliki tambahan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan keluarga. "Selama belum masa tanam, Alhamdulillah kami ada tambahan penghasilan bekerja di sini. Nanti kalau sudah selesai bendungan ini juga memberi manfaat untuk air pertanian di desa kami," kata Suprapto.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: instagram @kemenpupr


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah