Erick Thohir Meminta Toilet SPBU Pertamina Gratis, Begini Cara Buka SPBU Pertamina

- 23 November 2021, 13:27 WIB
Contoh ukur SPBU.
Contoh ukur SPBU. /pertaminafuels.com/

PRIANGANTIMURNEWS - Media sosial diramaikan dengan unggahamn Menteri BUMN, bapak Erick Thohir yang mengunggah sebuah video di akun Instagramnya @erickthohir.
 
Dalam unggahan twrsebut menampilkan percakapan Erick Thohir dengan seseorang yang diduga penjaga toilet disebuah SPBU Pertamina.
 
Erick Thohir menanyakan mengapa toilet SPBU Pertamina harus berbayar, padahal kan fasilitas umum.
 
 
Menteri BUMN itu meminta kepada pihak Pertamina untuk menindaklanjuti mitra Pertamina yang memberlakukan toilet SPBU berbayar. Ia meminta mengratiskan penggunaan toilet SPBU Pertamina.
 
Sebenarnya bagaimana mekanisme jika ingin mejadi mitra Pertamina dan membuka SPBU Pertamina?
 
Dilansir PRIANGANTIMURNEWS dari pertaminafuels.com, berikut ini cara menjadi mitra Pertamina dan syarat yang harus dipenuhi:
 
 
Syarat-syarat Menjadi Mitra Pertamina

Untuk melakukan pendaftaran SPBU Pertamina, sebelumnya perlu mempersiapkan beberapa hal. Mulai dari dokumen yang dibutuhkan, lokasi, hingga sarana dan prasarana sesuai standar Pertamina. Agar lebih jelas, berikut ini penjelasannya satu per satu.

Dokumen Perizinan yang diperlukan

Ada beberapa dokumen yang perlu disiapkan sebelum mengajukan pendaftaran SPBU Pertamina. Mulai dari fotocopy KTP pemilik. Surat akta pendirian perusahaan, fotocopy IMB, surat izin gangguan, hingga surat peruntukkan dan penggunaan tanah.

Tak lupa memastikan untuk memberikan semua dokumennya dengan jujur dan dapat dipertanggung jawabkan.
 
Jika semua dokumen penting itu sudah siap, selanjutnya perlu menyiapkan desain bentuk SPBU Pertamina yang akan dibangun, peta lokasi usaha, kelengkapan data fasilitas inventaris, data kapasitas penyaluran BBM serta kapasitas penyimpanannya.
 
 
1. Memilih Lokasi Usaha
 
Saat memilih lokasi usaha untuk membuka SPBU Pertamina, bisa memilihnya secara langsung melalui website. Namun, sebelumnya perlu melakukan survei lapangan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih lokasi yang tepat.
 
Pilihlah lokasi yang dilalui cukup banyak kendaraan bermotor dan mudah dikunjungi. Setelah itu, pastikan lokasinya tersedia hingga izin pembangunan SPBU Pertamina dikeluarkan dan bisa melanjutkannya dengan membeli atau menyewa lokasi tersebut.
 
2. Mempersiapkan Sarana dan Prasarana
 
Pertamina sendiri memiliki standar sarana dan prasarana yang harus dimiliki pada setiap SPBU. Oleh karena itu, perlu menyiapkannya dengan baik.
 
Mulai dari sarana pemadam kebakaran, sistem keamanan, pagar pembatas, instalasi sumur pantai dan saluran serta pengolahan limbah. Jangan lupa, untuk menyediakan toilet umum untuk pria dan wanita, mushola, tanda rambu, serta lahan parkir yang memadai.
 
Persiapkan semuanya dan sesuaikan dengan standar dari Pertamina untuk mempermudah proses perizinan.
 
Itulah cara menjadi mitra SPBU Pertamina yang penting untuk diketahui sebelum memulai usaha tersebut.
 
 
Pastikan siap dengan semua ketentuan yang ditetapkan agar izin dapat segera diberikan. Selanjutnya, segera melakukan pendaftaran secara online pada website Pertamina.
 
Terdapat 3 tahap di dalamnya yaitu proses input data, verifikasi awal pada kesiapan finansial dan lahan pendirian, ditutup dengan verifikasi lapangan.
 
Selalu berikan data secara jujur dan sesuai dengan lapangan agar saat tahap verifikasi, tidak ada perbedaan dengan fakta lapangan.
 
Setelah Pertamina mengeluarkan izin maka telah resmi menjadi mitra Pertamina dan dapat segera mengurus proses pendirian SPBU.***

Editor: Aldi Nur Fadilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah