Sejarah dan Tema Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia, 10 Desember 2021

- 10 Desember 2021, 07:11 WIB
Sejarah Hari Hak Asasi Manusia.
Sejarah Hari Hak Asasi Manusia. /Twibbonize/
 
PRIANGANTIMURNEWS - Simak sejarah Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia yang diperingati hari ini, 10 Desember 2021.
 
Sebagaimana dikutip priangantimurnews.com dari berbagai sumber, Hari Hak Asasi Manusia atau Hari HAM Sedunia dirayakan setiap tahun oleh banyak negara di seluruh dunia setiap tanggal 10 Desember. 
 
Hal ini telah dinyatakan oleh International Humanist and Ethical Union (IHEU) sebagai hari resmi perayaan kaum Humanisme.
 
 
Pemilihan tanggal 10 Desember sebagai tujuan menghormati Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang mengadopsi dan memproklamasikan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, yaitu sebuah pernyataan global tentang hak asasi manusia, pada 10 Desember 1948.
 
Diperingatinya Hari Hak Asasi Manusia 10 Desember ini berawal pada tahun 1939 - 1945.
 
Banyaknya kekejaman yang terjadi membuat Majelis Umum PBB menyepakati Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (DUHAM) agar kejadian serupa tak terulang kembali.
 
 Inilah sejarah yang melatarbelakangi Hari HAM Sedunia yang jatuh setiap tanggal 10 Desember.
 
 
Anggota Komisi PBB merumuskan naskah awal DUHAM sejak tahun 1947. Setahun kemudian tepatnya tanggal 10 Desember 1948, Majelis Umum PBB mengadopsi draft tersebut.
 
Barulah pada 10 Desember 1950 Majelis Umum PBB merilis resolusi 423 yang mengamanatkan semua negara anggota di bawah payung PBB untuk memperingati Hari HAM Internasional setiap tanggal 10 Desember.
 
Kendati negara-negara di dunia secara resmi memperingati Hari HAM Sedunia pada abad ke-20, ternyata sejak tahun 539 SM, Raja Cyrus dari Persia Kuno memngeluarkan kebijakan yang disebut dengan Cyrus Cylinder.
 
Kebijakan tersebut mengenai perlindungan HAM dan dinobatkan sebagai piagam HAM pertama di dunia. Bahkan, naskah telah diterjemahkan ke dalam enam bahasa resmi PBB. Isi dari Cyrus Cylinder sejalan dengan empat artikel pertama pada DURHAM.
 
 
Dikutip dari website Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR), tema besar dari Hari HAM Sedunia 2021 mengusung misi "Equality" atau dalam Bahasa Indonesia berarti "Kesetaraan".
 
Adapun makna dari "Kesetaraan" sendiri memiliki kekuatan untuk membantu memutus siklus kemiskinan, di mana orang-orang dari seluruh dunia memiliki kesempatan yang sama untuk mendapat akses ke berbagai fasilitas kehidupan.
 
Itulah sejarah dan tema Hari Hak Asasi Sedunia (HAM) 2021. Semoga bermanfaat.***

Editor: Aldi Nur Fadilah

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah