Indonesia Mendeteksi Kasus Omicron COVID-19 yang Ditularkan Secara Lokal Pertama

- 28 Desember 2021, 18:30 WIB
Konferensi pers Kemenkes oleh Siti Nadia Tarmidzi.
Konferensi pers Kemenkes oleh Siti Nadia Tarmidzi. /Twitter @kemenkes RI/

PRIANGANTIMURNEWS- Kementerian Kesehatan melakukan pelacakan kontak pada Selasa, 28 Desember) setelah mendeteksi kasus pertama varian virus corona Omicron yang menyebar cepat di masyarakat di negara Asia Tenggara itu, kata menkes Siti Nadia Tarmizi.

Kasus pertama yang dikonfirmasi adalah seorang pria berusia 37 tahun yang berasal dari kota Medan dan telah mengunjungi sebuah restoran di kawasan pusat bisnis Jakarta awal bulan ini, Menkes mengatakan pada konferensi pers.

“Dengan transmisi lokal yang satu ini kita akan perketat pembatasan mobilitas, terutama saat libur Natal dan Tahun Baru,” ujarnya seraya menambahkan istri pasien tersebut dinyatakan negatif Omicron.

Baca Juga: Samsung Galaxy M33 5G Muncul di Geekbench, Daftar Mengungkapkan Detail Tentang Perangkat

Awal bulan ini, Presiden Joko Widodo mendesak masyarakat untuk tetap berpegang pada protokol kesehatan setelah pihak berwenang mengatakan bahwa seorang karyawan di rumah sakit isolasi di Jakarta dinyatakan positif mengidap varian Omicron.

Otoritas kesehatan mengatakan bahwa ada 47 kasus Omicron yang dikonfirmasi di Indonesia, sebagian besar kasus impor dari varian tersebut, yang menurut para ahli dalam studi awal tampaknya lebih menular tetapi kurang ganas daripada varian sebelumnya.

Indonesia, yang merupakan negara terpadat keempat di dunia, telah menderita salah satu wabah virus corona terburuk di Asia dengan lebih dari 4,2 juta infeksi dan 144.000 kematian.

Baca Juga: Plt RSUD Optimis Perkembangan Covid-19 Memasuki Level 1

Tetapi setelah kasus memuncak pada bulan Juli karena penyebaran varian Delta yang sangat menular, infeksi telah turun tajam di Indonesia, dan tetap rendah. Dilansir PRIANGANTIMURNEWS dari Reuters.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x