Pemerintah Janjikan Tol Grais Jika Macet 1 Km Terjadi saat Lebaran 2022

- 25 April 2022, 04:35 WIB
Ilustrasi Mace Mudik Lebaran
Ilustrasi Mace Mudik Lebaran /Antara Foto

PRIANGANTIMURNEWS- Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menjamin biaya tarif tol gratis jika terjadi antrean kendaraan hingga lebih dari 1 kilometer di gerbang tos selama mudik lebaran 2022. Menurut Budi, langkah ini menjadi strategi untuk mengantisipasi macet selama mudik lebaran 2022.

"Sebenarnya sudah ditetapkan tidak ada dsikon, cuma ada satu diskresi apabila antrean mobil lebih dari 1 kilometer, tidak bayar malah bebas,"ujar Budi.

Aturan tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi pengelola jalan tol agar bekerja lebih keras guna mengantisipasi kemacetan yang terjadi. Sehingga skema gratis pembayaran tarif tol bisa dihindari.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Gemini Senin 25 April 2022, Membahas Tentang Kehidupan, Keuangan, Karir, dan Percintaan

"Jadi, kita bisa memberikan suatu home work untuk pengelola tol supaya enggak macet. Karena begitu macet gratis,"ungkapnya.

Ia menjelaskan, macet selama mudik lebaran juga bisa diantisipasi dengan melakukan perjalanan lebih awal. Ini dilakukan untuk menghindari macet pada puncak mudik yang diprediksi pada tanggal 28-29 april 2022.

Adapun, petugas di lapangan menyiapkan skema one way dan ganjil genap untuk mengurai kemacetan. Mengingat, animo masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik di tahun ini cukup tinggi.

Baca Juga: Peringati Hari Sadar Bising Sedunia, Ini Tujuannya

"Untuk tanggal pelaksanaan ganjil genapnya akan disampaikan korlantas dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Halaman:

Editor: Neri Januari Stiani

Sumber: Jasa Marga


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x