Catatan Sejarah, Pertama Kali Prajurit KRI Menginjakan Kaki di Tanah Guam

- 18 Juni 2022, 14:13 WIB
Satgas TNI AL/Dinas Penerangan Angkatan Laut.
Satgas TNI AL/Dinas Penerangan Angkatan Laut. /

PRIANGANTIMURNEWS- Merupakan catatan sejarah pertama kali Prajurit Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) menginjakan kaki di tanah Guam, padahal Satgas-satgas lainnya biasanya singgah di Quezelain.

Pada Selasa 14 Juni 2022, Satuan Tugas Latihan Bersama Multilateral Rim of Pacific (Satgas Latma Multilateral Rimpac) 2022 TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang melibatkan KRI I Gusti Ngurah Rai-332, tiba di Dermaga US Naval Base Guam (NBG).

Selama berada di Guam, selain bekal ulang Satgas dibawah pimpinan Dansatgas Kolonel Laut (P) Lewis N. Nainggolan.

Baca Juga: Perdana Menteri Inggris Menawarkan Latihan Militer untuk Pasukan Ukraina

Selain itu juga melaksanakan kunjungan ke NBG yang dilaksanakan oleh Palaksa atau Executive Officer (XO) Satgas Letkol Laut (P) Muhammad Fuad Hasan, didampingi oleh Perwira Satgas Kapten Laut (P) Andika Fajar.

Pada kunjungan yang disebut office call for coordination tersebut, XO Satgas Latma Rimpac 2022 diterima oleh XO NBG Commander Steve Ansuini.

Dalam pertemuan tersebut membicarakan terkait aturan tata tertib dan situasi yang harus diketahui oleh Personel Kapal Perang Republik Indonesia (KRI).

Baca Juga: Kemenangan Persib Bandung atas Persebaya Surabaya Dikotori dengan Menyalanya Flare Oleh Oknum Suporter

Serta tentunya yang berkaitan dengan perijinan Satgas selama bersandar tiga hari mulai 14 sampai dengan 16 Juni juga proses bekal ulang bahan bakar KRI I Gusti Ngurah Rai-332.

Dalam pelayaran menuju Guam, sebelumnya, para prajurit Satgas Rimpac mendapat penjelasan tentang tata tertib yang harus diikuti, diantaranya tata cara pembuangan limbah di daerah latihan RIMPAC 2022 di Hawaii.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Dinas Penerangan Angkatan Laut


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah