Ratusan Rumah di Pati Jawa Tengah Terendam Banjir, akibat Tanggung Sungai Kaliomno Jebol

- 16 Desember 2022, 13:10 WIB
 Sejumlah warga tengah memperbaiki tanggul Sungai Kaliombo Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang jebol sepanjang 10 meter, Jumat 16 Desember/ANTARA/HO-Dok
Sejumlah warga tengah memperbaiki tanggul Sungai Kaliombo Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang jebol sepanjang 10 meter, Jumat 16 Desember/ANTARA/HO-Dok /

PRIANGANTIMURNEWS - Ratusan rumah di Desa Ketitang Wetan, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati, Jawa Tengah terendam banjir bandang Jumat 16 Desember 2022.

Air setinggi 50-70 cm menggenangi ratusan rumah milik warga. Akibatnya aktivitas warga menjadi terganggu.

Banjir bandang terjadi karena tanggul Sungai Kaliombo di desa tersebut jebol. Sehingga air semua mengalir ke pemukimam warga.

Baca Juga: Batik Pasarkolot Warisan Budaya Lokal yang Tetap Bertahan

Tanggul yang jebol panjangnya sekitar 10 meter, akibat tidak mampu menahan debit air yang meningkat menyusul terjadinya hujan dengan intensitas tinggi di daerah setempat sehingga merendam rumah warga, Jumat 16 Desember 2022.

Menurut Sekretaris Desa Ketitang Wetan Ismail di Pati, jebolnya tanggul Sungai Kaliombo selebar 10 meter pada Jumat 16 Desember 2022 dini hari.

Salah satu penyebabnya karena air dari Pegunungan Kendeng langsung turun ke bawah tanpa bisa terserap oleh pohon penghijauan karena vegetasinya yang berkurang.

Baca Juga: Ratusan Botol Miras Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023 di Pangandaran di Musnahkan

Karena debit air yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan tanggul sungai Kaliombo tidak mampu menahannya sehingga tanggulnya jebol sepanjang 10 meteran.

Dari laporan sampai saat ini rumah warga juga terendam banjir, imbuh Ismail, diperkirakan seratusan rumah lebih.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x