Gempa Bumi Guncang Melonguane Sulawesi Utara dan Kabupaten Pesisir Barat Lampung

- 24 Januari 2023, 11:45 WIB
Ilustrasi gempa bumi di wilayah Pesisir Barat Lampung./ANTARA/
Ilustrasi gempa bumi di wilayah Pesisir Barat Lampung./ANTARA/ /



PRIANGANTIMURNEWS - Hari ini, Selasa 24 Januari 2023 gempa mengguncang dua wilayah Indonesia, yaitu di wilayah Sulawesi Utara dan di wilayah Lampung.

Melonguane, yang berada di wilayah atau provinsi Sulawesi Utara diguncang gempa bumi dengan kekuatan 5,9 magnitudo hari ini pada pukul 09.13 WIB. Tepatnya di 2.84 LU, 127.09 BT atau 136 kilometer Tenggara Melonguane pada kedalaman 10 kilometer.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Baca Juga: Cianjur Kembali Diguncang Gempa Bumi 4,3 Magnitudo Dini Hari, Belum Adanya Laporan Kerusakan Bangunan

Sementara di wilayah atau provinsi Lampung, gempa bumi dengan magnitudo 4,7 sekala richter mengguncang Kabupaten Pesisir Barat, Lampung hari ini pada pukul 05.55 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) wilayah setempat, Mirza Sahri mengatakan bahwa berdasarkan informasi dari BMKG, telah terjadi gempa susulan pada pukul 06.42 WIB.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,7 magnitudo, dengan episenter terletak pada koordinat 5.62 LS dan 104.19 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 55 kilometer Tenggara Pesisir Barat pada kedalaman 46 kilometer.

Selain itu Mirza mengatakan, meski gempa ini berada di laut pada jarak 55 kilometer tenggara, namun gempa terasa cukup kuat.

Baca Juga: Mengejutkan! Usai Dibubukan Persib Bandung, Skuad Madura United Langsung Ganti Kepengurusan!

Dan hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan akibat gempa di wilayah Pesisir Barat.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat setempat, agar tetap tenang dan waspada dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.***

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x