Rumah Tertimbun Longsor di Banjarwangi Garut, 3 Orang Terperangkap, Tim SAR Melakukan Pencarian Korban

- 27 April 2024, 13:46 WIB
Petugas melakukan pencarian korban bencana tanah longsor di Kampung Sirnagalih Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Kamis 25 April 2024 malam/ANTARA/HO-BPBD Garut
Petugas melakukan pencarian korban bencana tanah longsor di Kampung Sirnagalih Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Kamis 25 April 2024 malam/ANTARA/HO-BPBD Garut /

PRIANGANTIMURNEWS - BPBD Kabupaten Garut, Jawa Barat, menginformasikan bahwa tim SAR gabungan telah dikerahkan oleh pihak berwenang untuk mencari tiga orang yang terperangkap dalam bencana tanah longsor di wilayah Kecamatan Banjarwangi.

"Saat ini, tim sedang melakukan operasi pencarian, dan Basarnas juga telah turun ke lokasi,"ujar Daris Hilman, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Garut, di Garut, pada Jumat 26 April 2024.

Hujan deras yang melanda wilayah selatan menyebabkan terjadinya tanah longsor hingga menimbun rumah warga di wilayah Kampung Sirnagalih, Desa Talagajaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, pada Kamis 25 April 2024 malam.

Baca Juga: Jalan Garut Tenjo Waringin Kabupaten Tasikmalaya Longsor Hingga Tutup Jalan

Daris menjelaskan bahwa berdasarkan laporan saksi dari warga setempat, terdapat tiga orang yang terperangkap dalam material longsor tersebut, yaitu Lilis (35) beserta dua anaknya, Dini (3) dengan Jeni (8). Tim gabungan terus berupaya untuk melakukan pencarian korban tersebut.

Hingga Jumat dini hari, upaya pencarian yang dikerahkan belum berhasil menemukan jejak korban. Akibat kondisi cuaca yang tidak mengizinkan dan potensi bahaya bagi tim pencari, keputusan bersama diambil untuk menghentikan pencarian sementara.

"Kami dipaksa untuk menghentikan operasi sementara karena cuaca buruk dan risiko potensial bagi tim pencari serta kemungkinan adanya korban susulan,"ungkapnya.

Baca Juga: Banjir dan Longsor di Gintung Cipongkor Telan Empat Korban Jiwa, Tim SAR Gabungan Lanjutkan Pencarian

Informasi tentang bencana alam tersebut terkuak sekitar pukul 19.15 WIB setelah suara gemuruh terdengar di daerah tersebut, yang kemudian terungkap sebagai tanah longsor.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x