Tujuh Warga Sipil Tewas Dibantai Kelompok Separatis Teroris Papua

- 19 Oktober 2023, 18:00 WIB
KKB Papua menganiaya dua perempuan, satu orang tewas satu lainnya mengalami luka berat.
KKB Papua menganiaya dua perempuan, satu orang tewas satu lainnya mengalami luka berat. /Istimewa/Tribrata/

PRIANGANTIMURNEWS-- Tujuh warga sipil tak berdosa tewas dibantai Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua.

Tujuh warga sipil yang bekerja sebagai pendulang emas  di kali Ei Kampung Mosom Duba, Distrik Seradala, Kabupaten Yakuhimo, Papua Pegunungan dibantai pada Senin 16 Oktober 2023.
 
Kapuspen TNI Laksda TNI Julius Widjojono mengatakan mereka menembaki serta membantai dengan keji 7 masyarakat sipil tak berdosa pendulang emas di kali Ei Kampung Mosom Duba Yahukimo.

Baca Juga: Satu Orang Tewas Tiga Luka, Akibat Sebuah Ledakan Dahsyat di Setiabudi Jaksel, Penyebab Masih Didalami Polisi

"Kita sangat mengecam aksi brutal dan tidak beradab kelompok KST ini, mereka yang korban adalah murni masyarakat sipil yang sehari-hari menggantungkan hidupnya dari hasil penambangan tersebut," katanya.

Sebagaimana diinformasikan pada Senin 16/10 sejumlah 30 orang KST menyerang secara membabi buta area pertambangan emas ilegal di kali Ei.

Dalam serangan tersebut tujuh warga sipil penambang tewas seketika dan yang lainnya dapat menyelamatkan diri.

Pelakunya adalah KST pimpinan Asbak Koranue bagian kelompok Egianus Kogoya dengan menggunakan senapan SS1 V2, panah dan parang. Mereka juga membakar 3 Ekskavator, 2 truck dan camp pendulang.

Baca Juga: Dokter Spesialis Papua Tuntut Kenaikan TPP

Dijelaskan Kapuspen TNI, jumlah warga yang menjadi korban, evakuasi tahap pertama 18 orang dan tahap kedua 9 orang, sejumlah 27 orang dapat dievakuasi. 

"Tindakan mereka tak ubahnya aksi teroris yang mengganggu stabilitas keamanan, aparat TNI-Polri masih terus menyisir atau mencari masyarakat yang mungkin masih selamat dari aksi pembantaian ini," ujarnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli

Sumber: Puspen TNI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x