2 Orang Tewas 7 Lainnya Luka, Akibat Girder Konstruksi Jalan layang di Muara Enim Roboh

- 8 Maret 2024, 15:00 WIB
Kereta pengangkut batu bara yang tertimpa besi proyek pembangunan jalan layang di perlintasan Bantaian petak Jalan Gunung Megang- Penanggiran Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Kamis 7 Maret 2024/ANTARA/HO
Kereta pengangkut batu bara yang tertimpa besi proyek pembangunan jalan layang di perlintasan Bantaian petak Jalan Gunung Megang- Penanggiran Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Kamis 7 Maret 2024/ANTARA/HO /

PRIANGANTIMURNEWS - Operator crane adalah individu yang bertanggung jawab untuk mengoperasikan crane, suatu mesin berat yang digunakan untuk mengangkat dan memindahkan beban berat secara vertikal dan horizontal.

Tugas utama operator crane meliputi mengendalikan pergerakan crane, mengangkat dan menurunkan beban dengan akurasi, serta memastikan keamanan selama operasi.

Kemampuan operator crane sangat penting dalam berbagai industri, termasuk konstruksi, manufaktur, dan pelabuhan. Mereka harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang fungsi dan keamanan crane, serta kemampuan untuk membaca dan mengikuti petunjuk kerja.

Baca Juga: Cuaca Buruk Buat Kapal Crane ARK Shiloh Tenggelam di Banyuasin, Sumatera Selatan

Keahlian operator crane juga melibatkan penggunaan kontrol crane dengan presisi, penilaian kondisi lingkungan, dan reaksi cepat terhadap situasi darurat.

Ketelitian, kewaspadaan, dan komunikasi yang baik dengan tim kerja serta pengawas adalah kunci keberhasilan seorang operator crane.

Keamanan dan kepatuhan terhadap prosedur operasional standar menjadi prioritas utama dalam menjalankan tugas mereka guna mencegah kecelakaan dan memastikan efisiensi dalam operasi crane.

Baca Juga: Dilaporkan Terbalik di Laut Sungsang, Kapal Crane Batu Bara Tenggelam di Banyuasin Sumatera Selatan

Seperti peristiwa yang terjadi di proyek jalan layang Bantaian di Desa Panang Jaya, wilayah Kabupaten Muara Enim, mengalami ambruk karena kesalahpahaman atau miskomunikasi antar-operator.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x