Pungli Berkedok Parkir Kendaraan di Garut, Ditertibkan Dishub Bersama Kepolisian

- 21 April 2024, 09:27 WIB
Petugas menertibkan kawasan perkotaan dari parkir liar di Kabupaten Garut, Jawa Barat, beberapa waktu lalu/ANTARA/HO-Diskominfo Garut
Petugas menertibkan kawasan perkotaan dari parkir liar di Kabupaten Garut, Jawa Barat, beberapa waktu lalu/ANTARA/HO-Diskominfo Garut /

PRIANGANTIMURNEWS - Dishub (Dinas Perhubungan) Kabupaten Garut, Jawa Barat, bekerja sama dengan lembaga lain, khususnya kepolisian, secara aktif melaksanakan tindakan penegakan hukum terhadap praktik pungutan liar terkait parkir kendaraan demi menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Kepala Dishub Garut, Satria Budi, menyatakan bahwa kolaborasi antar instansi memungkinkan penanganan cepat terhadap laporan dari masyarakat terkait praktik pungutan liar, baik melalui operasi penertiban maupun penindakan terhadap parkir liar.

"Kita berkolaborasi, jadi pada saat ada laporan dari masyarakat, kita langsung tindaklanjuti, langsung ditertibkan,"ucap Satria Budi, Kepala Dishub Kabupaten Garut, di Garut pada Sabtu 20 April 2024.

Baca Juga: Tim Saber Pungli Jawa Barat Amankan Petugas Parkir Liar di Area Masjid Al Jabar

Selama musim libur Lebaran, pihaknya secara aktif mendapat laporan terkait praktik pungutan liar di tempat wisata, yang kemudian ditindaklanjuti dengan serius oleh petugas.

"Jadi, laporan dari masyarakat terkait parkir yang tidak wajar, seumpama Rp5 ribu itu wajar, tetapi ini ada yang bayar Rp20 ribu tiket masuk sudah termasuk parkir, namun diminta lagi uang parkir, itu tidak boleh,"ujarnya

Tindakan penegakan hukum ini membuahkan hasil yang positif, dengan berkurangnya keluhan dari masyarakat terkait Pungli (pungutan liar) selama libur Lebaran.

Baca Juga: Heboh Pegawai KPK Lakukan Pungli, Jubir Pastikan Penyidik ​​Tak Terlibat

Dia menyatakan bahwa petugas lapangan tidak hanya memberikan peringatan, tetapi juga melakukan pendidikan kepada masyarakat dan petugas parkir agar mematuhi hukum.

Halaman:

Editor: Sri Hastuti

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x