Batik Warisan Budaya yang Harus Terus Dilestarikan

- 25 November 2021, 05:57 WIB
Seorang ibu rumah tangga sedang mengerjakan batik tulis di sentra batik Cigeureung Kota Tasikmalaya
Seorang ibu rumah tangga sedang mengerjakan batik tulis di sentra batik Cigeureung Kota Tasikmalaya /Edi Mulyana/Priangan Timur News

PRIANGANTIMURNEWS - Batik merupakan warisan budaya yang harus terus dilestarikan.

Kota Tasikmalaya, tepatnya di wilayah Kecamatan Cigeureung merupakan salah satu sentral batik.

Pecinta batik yang juga ativis PC PMII Kota Tasikmalaya Barirosadi Amrullah mengatakan batik adalah salah satu karya seni khas Indonesia yang menjadi salah satu primadona di dunia karena keindahan motif yang menggambarkan suatu tradisi budaya.

Baca Juga: Pemain Persiraja, Ramadhan Dinyatakan Baik-baik Saja, dan Didoakan Segera Pulih

"Batik juga memiliki keindahan serta sudah menjadi kebanggan tersendiri bagi pengrajin, pemerintah dan setiap orang yang sangat menyukainya," kata Barirosadi Amrullah Kamis 25 November 2021.

Setiap motif batik di nusantara ialah menggambarkan keaneka ragaman bangsa ini.

Batik dari mulai ujung barat sampai timur memiliki motif dan ciri khas masing-masing dengan filosofi dan makna tertentu dari setiap goresan motif batik itu sendiri.

Baca Juga: Cara Bikin Sosis Goreng Balut Mie, Mudah dan Enak

Ada beberapa jenis batik diantaranya batik Tulis, Batik Cap dan Printing, dari berbagai jenis batik ini yang paling mahal ialah batik tulis.

Produksi batik tulis ini memerlukan jiwa seni yang tinggi bagi setiap orang yang membuatnya, selain itu batik tulis juga prosesnya cukup membutuhkan waktu yang lama diantara jenis batik lainnya.

Halaman:

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x