Serap Dana Pokir, Anggota DPRD Latih Pengurus DKM Menyembelih Hewan Qurban

- 23 Juni 2023, 06:30 WIB
Anggota Komisi lV DPRD Kota Tasikmalaya, Dadan Daruslan melatih 160 pengurus DKM tatacara menyembelih hewan qurban./Edi Mulyana /Priangantimurnews
Anggota Komisi lV DPRD Kota Tasikmalaya, Dadan Daruslan melatih 160 pengurus DKM tatacara menyembelih hewan qurban./Edi Mulyana /Priangantimurnews /
PRIANGANTIMURNEWS - Untuk mempersiapkan tenaga ahli dalam menyembelih Hewan Qurban pada hari besar keagamaan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah. 
 
Anggota Komisi lV Praksi PBB Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tasikmalaya, Dadan Daruslan memberikan pelatihan tatacara menyembelih hewan qurban ke 31 DKM terdiri dari 160 peserta.
 
"Ini adalah kegiatan rutinitas tahunan kami, yang didanai dari dana aspirasi masyarakat,"kata, Anggotak Komisi lV DPRD Kota Tasikmalaya, Dadan Daruslan kepada priangantimurnews.pikiran-rakyat.com Kamis 22 Juni 2023.
 
 
Permintaan pelatihan tatacara penanganan penyembelihan hewan kurban masih banyak permintaan. Karena memang ilmu penanganan hewan saat qurban sangat di perlukan. 
 
"Selama ini ketika mau menyembelih masyarakat selalu nunggu jagal. Nah dengan adanya pelatihan ini, nantinya masyarakat bisa mandiri, menyembelih sendiri,"ujarnya.
 
Meski dari dana pokir yang notabennya bisa diperuntukan untuk wilayah dapil saja. Tetapi kita untuk memberikan ilmu bermanfaat terbuka untuk diluar dapil seperti ada dari Kecamatan Bungursari.
 
 
"Selain dari Kecamatan Bungursari, juga Indihiang, Cipedes, bahkan banyak pengurus DKM dari luar daerah seperti Ciamis, Banjar,"kata, Dadan.
 
Para pengurus DKM dari luar daerah datang kesini demi untuk mendapat ilmu menyembelih, mereka meskipun tidak dapat peralatan, mereka rela datang kesini. 
 
"Jadi dari Banjar, Ciamis, apalagi dari Kota Tasikmalaya yang datang kesini. Saya terbuka sekali, mungkin kami menyediakan hanya dengan makanan dan snack saja,"kata, Dadan.
 
Cuman keterbatasan untuk alat, saya mengutamakan yang sudah daftar duluan. Ini uang rakyat juga, kalau anggapan jika ini bermanfaat bagi masyarakat kota Tasikmalaya kenapa tidak.
 
 
"Cuman yang dapat difasilitasi saya mengutamakan dapil dulu. Ini tetap terbuka saja. Makanya praktek penyembelihan dengan satu ekor Sapi, ini daging nya nanti buat peserta juga,"ujarnya. 
 
untuk materi tata cara penyembelihan, sekarang ini ada dua metode. Metode pertama menyembelih hewan seperti biasa ada seni nya.
 
"Yang jelas ada beberapa metode yang sudah saya kenalkan, dilihat dari segi epektifitasnya seperti apa. Pelatihan penyembelihan tahun ini ada alat modern yang disebut gerobak sapi,"ujarnya.***
 
 

Editor: Muh Romli


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x