Suka Kirim Foto Lewat HP? Ini Bahayanya

- 7 Desember 2021, 20:06 WIB
Ilustrasi kamera HP.
Ilustrasi kamera HP. /Pixabay/Free-photos

PRIANGANTIMURNEWS- Meski sistem keamanan smartphone (HP) saat ini semakin canggih dan susah ditembus, nyatanya tetap ada bahaya yang mengintai para pengguna.

Salah satunya jika kalian adalah orang yang sering berbagi foto melalui HP, pelaku kejahatan siber dapat mengumpulkan berbagai data terkait foto-foto tersebut dan digunakan untuk perbuatan yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga: Kasus Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Belum Juga Terbongkar, Mungkinkah Ada Keterlibatan Oknum Pejabat?

Seperti foto atau video di iPhone misalnya, akan terdapat informasi di luar isi foto tersebut misalnya tanggal pembuatan dan lokasi pengguna. Data itu akan disimpan sebagai metadata pada media pengguna.

Bagaimana jika metadata tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab? Dari metadata tersebut, pelaku kejahatan bisa mengidentifikasi mulai dari lokasi dan menemukan tempat tinggal atau tempat bekerja kalian!

Baca Juga: VIRAL di TikTok, Terpisah Saat Selamatkan Diri dari Erupsi Semeru Pasutri Menagis Bertemu di Pengungsian

Sebagai informasi, metadata merupakan informasi deskriptif pada tiap gambar dan membuatnya unik. Ini berisi seperti tanggal pembuatan, informasi dan pengaturan kamera, serta lokasi pengguna.

Metadata bisa berguna, misalnya untuk mengelompokkan foto berdasarkan data. Di sisi lain dapat bermasalah, sebab pihak lain dapat menjelajahi metadata pada foto tersebut.***

Editor: Agus Kusnadi

Sumber: Instagram @teknologi_id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x